Jumat, 29 Jan 2021 05:51 WIB

Bikin 'Panas' Sandiaga Uno Vs Putra Nababan, Ini 6 Manfaat Lari Pagi

Kanya Anindita - detikHealth
Lomba lari bertajuk Heritage Run digelar di Kota Tua, Jakarta, Minggu (25/3/2018), Sandiaga Uno dikenal hobi lari pagi (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Belakangan, cuitan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno soal lari pagi ramai jadi bahasan. Cuitan itu bikin 'panas' anggota Komisi X DPR Putra Nababan karena dinilai memframing anggota Komisi X DPR tak bisa bangun pagi dan lari pagi.

"Dari 50 lebih anggota Dewan di Komisi X, hanya 2 yang hari ini menerima ajakan lari pagi saya sembari meninjau usaha-usaha ekonomi kreatif yang ada di kawasan GBK," demikian postingan Sandiaga Uno yang sudah dihapus, tapi disampaikan kembali Putra Nababan.

Di balik hebohnya cuit Sandiaga Uno soal lari pagi, aktivitas ini memang banyak manfaatnya. Lari pagi juga jadi salah satu olahraga yang paling sederhana dan mudah dilakukan. Apa saja sih manfaatnya?

Dikutip dari Lifeline24, berikut 6 manfaat lari pagi hari:

1. Meningkatkan produktivitas

Olahraga memberi rangsangan mental dan fisik pada tubuh. Lari pagi hari juga membantu Anda untuk disiplin waktu agar bangun tidur lebih pagi serta lebih produktif untuk melakukan berbagai kegiatan.

Setelah berlari, lebih banyak hormon endorfin dan adrenalin yang mengalir ke seluruh tubuh. Hal ini menghasilkan perasaan luar biasa dan disebut "runner's high" yang dapat bertahan selama berjam-jam setelah Anda selesai berlari.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Lari pagi hari minimal lima menit setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular atau jantung. Penelitian menunjukkan bahwa pelari memiliki risiko kematian 30 persen lebih rendah dari masalah penyakit jantung. Ini berlaku untuk semua pelari, tidak peduli seberapa cepat atau seberapa lama mereka berlari.

3. Meningkatkan metabolisme

Lari pagi hari akan meningkatkan metabolisme Anda dan membantu tubuh membakar kalori sepanjang hari. Olahraga sebelum sarapan membantu Anda membakar lemak lebih banyak serta mengontrol gula darah.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "6 Jurus Berlari di Area Terbuka Saat New Normal"
[Gambas:Video 20detik]