Senin, 22 Mar 2021 20:13 WIB

Main Catur Seperti Apa Sih yang Tidak Sehat? Ini 4 di Antaranya

Ardela Nabila - detikHealth
Chess board game concept of business ideas and competition and strategy ideas concep. Chess figures on a dark background with smoke and fog. Selective focus Catur yang sehat seperti apa sih? (Foto: Getty Images/iStockphoto/Zeferli)
Jakarta -

Catur merupakan salah satu permainan yang banyak dimainkan oleh orang-orang dari berbagai belahan dunia. Tak hanya dapat mengisi waktu luang, catur ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan kecerdasan dan kreativitas seseorang.

Namun, permainan yang melibatkan tantangan intelektual ini bisa menjadi tidak sehat dalam kondisi-kondisi tertentu.

Berikut 4 hal yang bisa membuat catur menjadi tidak lagi sehat.

1. Sambil merokok dan makan gorengan

Salah satu kebiasaan orang Indonesia yang kerap ditemui saat bermain catur adalah sambil merokok dan makan gorengan. Alih-alih fokus pada strategi permainan, merokok dan makan gorengan saat bermain catur justru malah membuat manfaat dari permainan ini menjadi hilang.

Pasalnya, merokok dan makan gorengan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Zat yang terkandung dalam rokok dalam menyebabkan terjadinya inflamasi atau peradangan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan oksidasi. Akibatnya, saat mengonsumsi gorengan, kolesterol akan lebih mudah menumpuk dan berisiko menyebabkan serangan jantung.

2. Tidak diimbangi aktivitas fisik

Bermain catur sepanjang hari tanpa melakukan aktivitas fisik dapat menyebabkan tubuh menjadi tidak sehat. Selain fokus bermain catur, kamu juga harus rutin meluangkan waktu untuk berolahraga.

Seperti diketahui, olahraga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, jantung, dan pikiran. Berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), orang dewasa disarankan untuk setidaknya melakukan aktivitas fisik intensitas sedang selama 150-300 menit atau 75-150 menit olahraga intensitas tinggi.

3. Terbawa stres

Permainan yang memang kompetitif ini malah bisa membuat pemainnya menjadi tidak sehat jika terbawa stres. Dikutip dari Healthline, pemain catur yang terlalu kompetitif dapat menyebabkan munculnya rasa cemas selama pertandingan. Pasalnya, saat seseorang stres, dalam hal ini adalah saat bermain catur, dapat menyebabkan terjadinya gangguan tidur.

4. Lupa tidur

Lupa tidur dan begadang semalaman untuk bermain catur tentunya dapat membuat permainan dengan berbagai manfaat sehat ini menjadi tidak lagi sehat. Menurut pakar kesehatan tidur dr Andreas Prasadja, RPSGT, orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7-9 jam setiap harinya.

Kekurangan tidur dapat memberikan efek negatif bagi tubuh, seperti meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung, dan gangguan kecemasan, menurunkan sistem imunitas tubuh, serta naiknya berat badan.



Simak Video "Efek Samping Konsumsi Kopi dan Teh di Bulan Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)