Senin, 22 Mar 2021 18:13 WIB

Rahasia Jaga Stamina Para Grandmaster Catur Dunia

Ardela Nabila - detikHealth
Close up shot hand of young woman playing chess for business challenge competition winner concept Stamina bermain catur (Foto: Getty Images/iStockphoto/picture)
Jakarta -

Permainan catur yang mengharuskan para pemainnya duduk dalam waktu yang cukup lama ternyata sangat menguras konsentrasi dan energi. Oleh sebab itu, sama seperti aktivitas lainnya, bermain catur juga membutuhkan stamina yang kuat.

Bagi para grandmaster catur dunia seperti dilaporkan oleh ESPN, melatih tubuh guna menjaga performa saat bermain merupakan kunci untuk tetap bertahan pada permainan yang membutuhkan kekuatan mental.

Menurut Robert Sapolsky, profesor neurologi dan bedah saraf di Stanford, dalam sebuah turnamen catur, para pemainnya dapat membakar hingga 6.000 kalori setiap harinya, lho. Hal ini disebabkan oleh efek psikologis karena mereka harus terus berpikir selama permainan.

Sama seperti atlet olahraga atau permainan lainnya, para grandmaster catur dunia juga menyesuaikan diet dan rutinitas olahraganya sebelum datangnya waktu pertandingan agar tetap berenergi dan fokus saat turnamen.

Dikutip dari CNBC, berikut kebiasaan sehat dua grandmaster catur dunia sebagaimana dilaporkan oleh ESPN.

Magnus Carlsen

Grandmaster catur asal Norwegia ini kerap meminum jus jeruk dan air putih untuk memberikan tubuhnya energi selama pertandingan catur. Namun, ia menyadari bahwa konsumsi gula dapat membuatnya menjadi mudah lemas.

Oleh sebab itu, ia kini beralih meminum kombinasi susu coklat dan susu biasa untuk memberikan tubuhnya nutrisi, seperti protein dan kalsium, yang dapat menjaga tingkat energinya agar bertahan lebih lama.

Tak hanya itu, Carlsen juga memiliki seorang koki pribadi bernama Magnus Forssell yang membantunya mengontrol asupan makanannya agar sesuai dengan kebutuhan nutrisi. Carlsen juga diketahui sering mengunyah permen karet saat bermain catur. Hal itu merupakan kebiasaan yang dilakukannya agar tetap fokus dan berenergi.

Sebuah studi ternyata juga menemukan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan daya ingat seseorang, meningkatkan konsentrasi, khususnya saat sedang menyelesaikan sebuah tugas yang panjang, seperti saat bermain catur.

Fabiano Caruana

Pemain catur nomor 2 di dunia ini kerap mendetoksifikasi tubuhnya berbulan-bulan sebelum pertandingan, seperti tidak mengonsumsi gula. Selain itu, ia diketahui telah berhenti mengonsumsi minuman beralkohol.

Hal tersebut dilakukannya karena ia mendengar lawannya, Carlsen, menghindari konsumsi gula untuk menjaga staminanya selama pertandingan. Di sisi lain, berdasarkan National Sleep Foundation, mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan gangguan pada kualitas tidur yang memiliki pengaruh krusial terhadap daya ingat serta performa.

Untuk lebih meningkatkan staminanya selama pertandingan, Caruana juga rutin berolahraga. Beberapa jenis olahraga yang dilakukannya adalah berlari, bermain basket, dan berenang. Menurutnya, olahraga dapat mengurangi rasa stres sebelum kompetisi dimulai. Mengambil langkah lebih untuk menjaga stamina sebelum pertandingan membuatnya merasa lebih percaya diri selama turnamen.



Simak Video "Efek Samping Konsumsi Kopi dan Teh di Bulan Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)