Jumat, 02 Apr 2021 06:59 WIB

Ingin Turunkan Berat Badan? Ini Waktu Terbaik untuk Olahraga

Ardela Nabila - detikHealth
Running shoes atau sepatu lari Lebih sehat olahraga pagi, sore, atau malam? (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Memilih waktu yang tepat untuk berolahraga terkadang merupakan hal yang menantang. Namun, terdapat waktu tertentu yang tepat untuk berolahraga menurut para ahli.

Berolahraga di waktu yang tepat dapat mengoptimalkan sesi berolahraga, sehingga kamu lebih bisa merasakan berbagai manfaatnya. Salah satu waktu terbaik untuk berolahraga adalah di pagi hari.

Olahraga di pagi hari

Dikutip dari laman Time, berolahraga di pagi hari, terutama pada saat keadaan perut kosong, merupakan cara dan waktu terbaik untuk membakar lemak, sehingga ideal untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badannya.

Pasalnya, kata Anthony Hackney, profesor di departemen olahraga dan ilmu keolahragaan di University of North Carolina Chapel Hill, komposisi hormon tubuh di pagi hari telah ditetapkan untuk mencapai tujuan menurunkan berat badan.

Pada pagi hari, tubuh secara alami meningkatkan kadar kortisol dan hormon, di mana keduanya melibatkan metabolisme. Hal ini lah yang berpotensi dapat menurunkan berat badan. Peneliti juga menyebutkan olahraga di pagi hari dapat membantu seseorang mengurangi nafsu makan sepanjang hari.

Meski kamu sering kali merasa malas di pagi hari, kamu disarankan rutin bangun pagi untuk berolahraga. Menurut studi yang diterbitkan pada tahun 2019 di Journal of Physiology, olahraga pada pukul 7 pagi dapat membantu tubuh menjadi tidak mudah merasa lelah pada malam harinya.

Hal ini dapat berpotensi membuat kamu mendapatkan waktu tidur yang lebih berkualitas hingga bangun dan kembali beraktivitas di hari berikutnya. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa kebiasaan sehat akan lebih mudah dilakukan di pagi hari.

Selain itu, olahraga di pagi hari juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan produktivitas sepanjang hari, sebab olahraga dapat melepaskan stres. Namun, bagi kamu yang memang bukan 'morning person' berolahraga di pagi hari tidak perlu dipaksakan.

Bagaimana dengan siang dan malam hari? Simak di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tips Denada Tambunan untuk Pemula yang Ingin Olahraga Zumba"
[Gambas:Video 20detik]