Selasa, 06 Apr 2021 06:28 WIB

Catat! 3 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Usai Olahraga

Ardela Nabila - detikHealth
tired woman runner taking a rest after running hard on city road Pantangan sehabis olahraga (Foto: Getty Images/iStockphoto/lzf)
Jakarta -

Setelah berolahraga, kamu mungkin sering kali langsung melakukan rutinitas seperti beristirahat, makan, dan mandi. Ternyata, beberapa kebiasaan setelah olahraga tersebut merupakan kesalahan, lho.

Pasalnya, sejumlah kebiasaan atau rutinitas yang dilakukan setelah olahraga justru menyebabkan hasil olahraga menjadi tidak optimal, terutama bagi orang-orang yang berolahraga untuk menurunkan berat badan.

Dikutip dari laman Very Well Fit berikut 3 kesalahan yang kerap dilakukan setelah olahraga.

1. Makan berlebihan

Usai berolahraga, sering kali perut terasa sangat lapar, sehingga saat melihat makanan menjadi kalap dan sulit mengontrol diri. Memberikan tubuh asupan nutrisi setelah olahraga memang penting untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Namun, jenis makanan yang dimakan setelah olahraga juga penting untuk diperhatikan.

Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi kombinasi karbohidrat dan protein setelah berolahraga. Hal ini bertujuan untuk menggantikan nutrisi yang hilang selama berolahraga.

Makan berlebihan setelah olahraga justru akan membuat olahraga menjadi sia-sia, terutama bagi orang-orang yang sedang dalam proses penurunan berat badan. Sehingga, jika kamu bertujuan untuk memangkas berat badan, kamu harus betul-betul memperhatikan jumlah makanan yang dikonsumsi, termasuk jumlah kalorinya.

2. Melewatkan stretching

Melakukan stretching atau peregangan otot setelah berolahraga sangat penting untuk dilakukan. Alih-alih langsung bergegas untuk beristirahat, kamu harus menyelesaikan sesi olahraga dengan stretching terlebih dahulu.

Pasalnya, stretching usai berolahraga dapat menjaga kesehatan sendi, otot, dan mencegah terjadinya cedera. Bahkan, peregangan ini juga dapat mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur, lho.

Setelah selesai olahraga, kamu bisa melakukan stretching selama 10-15 menit untuk melatih fleksibilitas tubuh. Setelah itu, kamu baru boleh lanjut melakukan aktivitas lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Penyintas Covid-19 Disarankan Tak Lakukan Olahraga Anaerobik "
[Gambas:Video 20detik]