Minggu, 13 Jun 2021 05:23 WIB

Apa Penyebab Eriksen Kolaps di Laga Denmark Vs Finlandia Euro 2020?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Denmark players react after the collapsing of their teammate Christian Eriksen during the Euro 2020 soccer championship group B match between Denmark and Finland at Parken stadium in Copenhagen, Denmark, Saturday, June 12, 2021. (Friedemann Vogel/Pool via AP) Para pemain Denmark melingkari Christian Eriksen yang kolaps (Foto: AP/Friedemann Vogel)
Topik Hangat Ancaman Cardiac Arrest
Jakarta -

Gelandang Denmark Christian Eriksen kolaps dalam laga Euro 2020 antara Denmark vs Finlandia. Kondisinya sudah stabil setelah mendapat perawatan CPR (cardio pulmonary resuscitation) dan dilarikan ke rumah sakit.

Belum diketahui pasti apa penyebab Eriksen mendadak kolaps, namun para ahli menyebut henti jantung adalah penyebab paling umum kolaps saat olahraga. Kondisi ini dikenal juga dengan istilah cardiac arrest.

Ahli elektrofisiologi dari Norfolk and Norwich Hospitals Trust, Dr Richard Till, mengatakan apa yang dialami Eriksen adalah langka dan penanganan dengan CPR yang cepat kemungkinan telah menyelamatkan nyawanya.

Menurutnya, henti jantung tidak sama dengan serangan jantung yang disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Pembuluh darah yang menuju jantung tersumbat, menyebabkan otot jantung mati sehingga jantung tidak berfungsi.

"Sangat mungkin bukan itu penyebabnya. Yang paling mungkin adalah dia punya kondisi bawaan yang belum ketahuan sampai sekarang," katanya dikutip dari The Independent, Minggu (13/6/2021).

Penyebab lain henti jantung menurut Dr Till adalah hypertrophic cardiomyopathy. Ini adalah kondisi penebalan otot jantung yang membuatnya sulit memompa darah dan oksigen.

Menurutnya, ada kemungkinan juga Eriksen mengalami infeksi virus yang memicu myocarditis atau radang otot jantung. Bisa juga karena terjadi kegagalan fungsi kelistrikan jantung, yang fungsinya adalah menjaga ritme jantung dalam memompa darah.

Satu lagi kemungkinan yang juga bisa terjadi adalah Brugada Syndrome. Dikutip dari Mayo Clinic, kondisi yang biasanya diturunkan ini menyebabkan ganttuan ritme jantung dan bisa menyebabkan henti jantung yang mematikan.



Simak Video "Olahraga Sebabkan Kematian?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Ancaman Cardiac Arrest