Sabtu, 19 Jun 2021 11:52 WIB

Catat! Ini Jenis Olahraga yang Sehat untuk Jantung

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Jakarta -

Beberapa waktu lalu, gelandang Denmark Christian Eriksen dan pebulutangkis Indonesia Markis Kido dikabarkan kolaps karena serangan jantung. Kejadian ini memunculkan kekhawatiran di masyarakat kalau rajin berolahraga pun rentan terkena serangan jantung.

Lalu, bagaimana jenis olahraga yang sehat untuk jantung?

Kejadian kolapsnya para atlet ini jangan dijadikan sebagai alasan untuk takut berolahraga. Faktanya, orang yang rajin berolahraga justru punya risiko kecil terkena serangan jantung.

Hal yang perlu dipastikan adalah kondisi tubuh saat berolahraga. Apakah tubuh memiliki penyakit atau risiko bawaan yang dapat memicu terjadinya serangan jantung.

Selain itu, penting untuk mengetahui jenis olahraga yang sehat bagi jantung. Ahli jantung dari RS Siloam Lippo Karawaci dr Vito A Damay, SpJP(K) menjelaskan, olahraga yang baik untuk kesehatan jantung adalah olahraga dengan intensitas sedang.

dr Vito menyarankan olahraga dengan intensitas sedang ini kamu lakukan 30 menit setiap hari untuk mendapatkan benefit kesehatan jantung yang optimal. Menurutnya, olahraga yang baik untuk kesehatan jantung bisa dihitung 60-70 persen dari denyut nadi.

"Cara hitungnya, 220 dikurang usia saat ini, lalu dikalikan 60 atau 70 persen. Itulah heart rate yang bisa dicapai saat olahraga," ujar dr Vito dalam tayangan e-life detikcom, Jumat (18/6/2021).

Jika perhitungan ini dirasa sulit, ada cara lain yang lebih praktis dan bisa kamu terapkan. Saat berolahraga dengan intensitas sedang, cobalah untuk berbicara satu kalimat. Jika kamu tidak kewalahan, berarti olahraga yang kamu lakukan sudah tepat.

"Misalnya sambil jalan masih bisa nyanyi, itu artinya (olahraga) terlalu ringan. Kalau sambil lari ngomong satu kalimat aja nggak bisa saking terengah-engahnya, itu artinya terlalu berat," paparnya.

(fds/fds)