Jumat, 30 Jul 2021 05:00 WIB

Manfaat Angkat Besi, Olahraga yang Sumbang Medali Olimpiade untuk RI

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Lifter putri Indonesia Windy Cantika Aisah melakukan angkatan snatch dalam kelas 49 Kg Putri Grup A Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo International Forum, Tokyo, Jepang, Sabtu (24/7/2021). Windy Cantika berhasil mempersembahkan medali pertama bagi Indonesia yakni perunggu dengan total angkatan 194 Kg. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj. Foto: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN

4. Memperkuat tulang dan persendian

Seiring bertambahnya usia, tulang akan melemah secara alami. Namun, jika seseorang rutin melakukan olahraga weightlifting, hal ini dapat dihindari karena selain memperkuat otot, weightlifting juga mampu meningkatkan kesehatan tulang dan sendi.

Latihan angkat beban menargetkan kekuatan tulang pinggul, tulang belakang dan pergelangan tangan yang rawan patah. Jika mengalami osteoporosis, tulang yang rawan ini akan sangat rapuh hanya dengan stres ringan.

Pernyataan ini diperkuat dengan studi yang diterbitkan dalam Endocrinology and Metabolism (2018) bahwa latihan ketahanan, termasuk weightlifting atau angkat beban adalah olahraga yang mungkin paling optimal untuk meningkatkan massa otot dan tulang pada wanita pasca menopause, pria paruh baya dan kelompok lansia.

5. Mengurangi risiko cedera

Olahraga weightlifting membentuk pondasi untuk semua gerakan, keseimbangan dan koordinasi tubuh. Tubuh yang diperkuat secara alami melalui weightlifting lebih kecil kemungkinannya mengalami cedera.

Namun, olahraga ini tetap harus dilakukan secara hati-hati dengan mempertahankan bentuk dan posisi yang tepat untuk menghindari cedera. Jika menerapkan posisi atau bentuk dan caranya salah dapat memberikan tekanan lebih pada otot dan persendian yang dapat meningkatkan risiko cedera.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Tips Bikin Bentuk Bokong Ideal ala Gisella Anastasia"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)