Senin, 02 Agu 2021 18:09 WIB

Deg-degan Nonton Ginting Vs Kevin Cordon, Rasanya Kayak Senam Jantung!

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting (kanan) memeluk pelatihnya Hendry Saputra seusai mengalahkan tunggal putra Denmark Anders Antonsen dalam perempatfinal Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Sabtu (31/7/2021). Anthony Sinisuka Ginting berhasil lolos ke semifinal setelah menang 21-18, 15-21, dan 21-18. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc. Foto: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Jakarta -

Anthony Sinisuka Ginting akan beradu dengan pebulutangkis asal Guatemala, Kevin Cordon dalam perebutan perunggu Olimpiade Tokyo 2020. Duel keduanya diprediksi ketat mengingat Cordon adalah pemain yang tengah naik daun.

Saat menonton pertandingan, penonton biasanya terbawa rasa deg-degan dan gregetan apalagi jika yang bermain adalah tim favoritnya. Secara medis, ini terjadi disebabkan oleh hormon adrenalin yang meningkat.

Dokter jantung dari Siloam Hospital Karawaci, dr Vito A Damay, SpJP, menjelaskan, ketika adrenalin meningkat maka tekanan darah dan detak jantung ikut naik.

"Hal ini adalah respon normal. Apalagi jika ada keterikatan emosional dalam pertandingan itu misalnya supporter atau penggemar berat, maka respon tekanan darah dan detak jantung itu makin tinggi," ujar dr Vito kepada detikcom, (1/8/2021).

Selaras dengan dr Vito, dokter spesialis kesehatan olahraga, dr Michael Triangto, SpKO, menjelaskan, deg-degan saat nonton badminton olimpiade juga membuat heart rate alias denyut jantung naik.

Peningkatan denyut jantung akan ikut menaikan tekanan darah. Sebab, jantung bekerja memompa darah, denyut nadi akan ikut naik. Karena ada tekanan dari pembuluh darah saat melalui otot, tekanan darah akan ikut naik dan membuat jantung berdebar atau deg-degan.

"Kita masuk secara perasaan. Kita masuk secara emosi ke dalam pertandingan tersebut. Apalagi kalau kita mempunyai hubungan erat dengan yang ada di layar," tutupnya.

Simak video 'Anthony Ginting Sukses Bawa Pulang Perunggu!':

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)