Selasa, 03 Agu 2021 11:02 WIB

Ada Benarnya! Dokter Akui Momen Juara Greysia/Apriyani Bisa Naikkan Imun

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Berikut adalah deretan pebulutangkis Indonesia yang sukses mengharumkan nama bangsa lewat medali emas di ajang olimpiade. Foto: Getty Images
Jakarta -

Pasangan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil membawa pulang gelar juara dan merebut medali emas pertama Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Keduanya membuat para tokoh, pejabat, hingga netizen terharu bangga sekaligus merasa senang meski hanya menyaksikan dari layar kaca.

Ketua Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia Profesor Dr dr Iris Rengganis, SpPD-KAI, menjelaskan rasa bahagia mendapat kabar baik di tengah meningkatnya pandemi COVID-19 tentu bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Hal yang paling penting dalam melawan virus termasuk COVID-19.

"Nah itu bagus, itu meningkatkan imun sistem, jadi artinya sesuatu yang gembira membuat imunitas tubuh naik saat kita juga sebelumnya mendengar kabar meninggal ya, itu juga nggak bisa kita bohongin," jelas Prof Iris saat dihubungi detikcom Selasa (3/8/2021).

Prof Iris menjelaskan sistem imunitas tubuh adalah pertahanan utama dalam melawan infeksi COVID-19. Rasa semangat yang muncul karena tim ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil meraih emas menjadi salah satu imunitas alamiah yang dihasilkan tubuh.

Dikutip dari Healthline, kaitan di antara keduanya, rasa bahagia dan meningkatkan imunitas tubuh belum sepenuhnya dipahami. Namun dampak rasa bahagia bisa memengaruhi perilaku setiap orang yang berperan dalam imunitas tubuh termasuk makan yang sehat dan aktivitas olahraga.

"Jadi kan ibaratnya tubuh kita ini departemen pertahanan ya, tentu butuh tentara, tentara kita itu sebagian-sebagian antibodi alamiah, sebagian lagi adalah antibodi dari vaksin yang lebih besar itu harapan kita," jelas Prof Iris.

"Sebagian lagi makan sehat, tidur sehat, tidur cukup, makanan bergizi, olahraga, berdoa, tentunya," pungkasnya.



Simak Video "Ragam Masker Atlet Olimpiade Tokyo 2020 dari Berbagai Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)