Rabu, 04 Agu 2021 05:30 WIB

Jadi Rajin Olahraga Gara-gara Greysia/Apriyani? Ini 5 Tips Agar Konsisten

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Pebulutangkis ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu (kiri) membasuh matanya disaksikan rekannya Greysia Pollii saat melawan ganda putri Korea Selatan Lee Sohee/Shin Seungchan dalam semifinal Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Sabtu (31/7/2021). Greysia/Apriyani menang 21-19, 21-17 dan melaju ke final. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc. Foto: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Jakarta -

Tak bisa dipungkiri, semangat juara pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu di Olimpiade Tokyo 2020 telah memberikan inspirasi positif bagi banyak orang. Termasuk, jadi rajin olahraga.

Hal yang bagus tentunya. Masalahnya, banyak orang hanya rajin di awal kemudian bosan setelah beberapa lama. Bagi pemula pada umumnya, menjaga konsistensi berolahraga jauh lebih sulit dibanding memulainya.

Nah, bagi pemula, dokter spesialis kedokteran olahraga dr Angelica Anggunadi, SpKO menyarankan, lakukan olahraga mulai dari yang ringan secara bertahap. Melakukan olahraga berat bisa menimbulkan pegal-pegal dan berujung malas untuk melakukan olahraga lagi.

"Olahraga langsung misalnya setiap hari, terus olahraga berat itu bisa menimbulkan pegal-pegal. Kalau sudah pegal-pegal nanti malas untuk mulai lagi," paparnya dalam temu media daring, Selasa (3/8/2021).

Ia menyebut, pegal-pegal yang muncul setelah berolahraga bukanlah pertanda baik. Hal itu menandakan jika olahraga yang dilakukan terlalu berat, tidak sesuai dengan kemampuan tubuh kita.

Untuk melakukan olahraga dengan benar dan konsisten, berikut 5 tips dari dr Angelica yang bisa Anda ikuti.

1. Mulai dari yang ringan-ringan dulu

Saat memulai olahraga, jangan langsung memforsir diri untuk melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Terlebih jika Anda tidak pernah atau jarang berolahraga sebelumnya.

Lakukanlah olahraga ringan seperti berjalan, berlari, dan melompat sebagai permulaan. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelumnya dan melakukan peregangan setelahnya.

2. Tetapkan goals-nya

Hal yang tak kalah penting adalah menerapkan goals atau tujuan yang ingin dicapai. Misalnya Anda memiliki tujuan untuk menambah imunitas. Goals akan membantu Anda memotivasi diri untuk tetap konsisten dalam berolahraga.

3. Pilih jenis olahraga yang disukai

Tak perlu memaksakan diri mengikuti suatu jenis olahraga jika Anda tidak menyukainya. Lakukan saja olahraga yang Anda sukai, karena setiap jenis olahraga juga pasti memiliki manfaat untuk tubuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ragam Masker Atlet Olimpiade Tokyo 2020 dari Berbagai Negara"
[Gambas:Video 20detik]