Kamis, 05 Agu 2021 05:29 WIB

Baru Mau Rutin Olahraga? Ini Tips Peraih Emas Olimpiade Liliyana Natsir

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir harus puas menjadi runner-up Indonesia Masters 2019. Laga itu menjadi penanda akhir karier Liliyana di bulutangkis. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Beragam cara dilakukan untuk meningkatkan imunitas dan menjaga kesehatan tubuh, salah satunya adalah dengan berolahraga. Perlu diketahui, olahraga mestinya dilakukan secara bertahap apalagi jika seseorang jarang berolahraga sebelumnya.

Peraih Medali Emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 Liliyana Natsir membagikan pengalaman olahraganya dalam temu media daring baru-baru ini. Menurutnya, olahraga bisa dimulai dari yang simpel terlebih dahulu.

"Mulai aja dari olahraga simpel seperti berlari, berjalan, dan melompat," ujar pebulutangkis yang meraih emas olimpiade berpasangan dengan Tontowi Ahmad ini.

Ia menyarankan, penting juga untuk memerhatikan faktor keamanan saat berolahraga. Maka itu, olahraga perlu dilakukan secara bertahap, disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing.

"Sebelum olahraga juga penting untuk pemanasan dulu, lakukan (gerakan) dengan benar, setelahnya stretching. Lakukan bertahap aja," tambahnya.

Meski di rumah saja, atlet yang kerap disapa Ci Butet ini yakin setiap orang pasti mampu untuk berolahraga demi investasi kesehatan diri sendiri. Dengan motivasi untuk sehat, ia yakin semua orang tetap dapat bergerak lebih dengan menjaga kekuatan tulang, kelenturan sendi, dan energi otot sepanjang hari sebagai investasi kesehatan di masa depan.

Selaras dengan Liliyana, Dokter spesialis kedokteran olahraga dr Angelica Anggunadi, SpKO juga menyebut aktivitas fisik adalah salah satu dari tiga pilar terpenting untuk hidup sehat. Dua pilar lainnya adalah menjaga pola makan dan kemampuan manajemen stres.

Aktivitas fisik seperti olahraga ringan juga dapat menurunkan risiko penyakit, menguatkan kondisi fisik, dan menjaga kesehatan mental dengan baik.

Untuk itu, dr Angelica menyarankan untuk selalu melakukan aktivitas fisik. Tak perlu olahraga berat, cukup olahraga ringan seperti berjalan, lari, dan melompat minimal 150 menit seminggu.

"Meskipun sedikit intensitasnya, itu lebih baik daripada tidak sama sekali," paparnya.



Simak Video "Jangan Mager Olahraga, Dengerin Nih Pesan Liliyana Natsir!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)