Minggu, 15 Agu 2021 21:23 WIB

Mengenal Alzheimer, Penyakit yang Diidap Gerd Mueller Sebelum Meninggal

Vidya Pinandhita - detikHealth
LONDON, ENGLAND - JANUARY 01: A portrait of West Germany striker Gerd Muller pictured circa 1972 in England, United Kingdom. (Photo by Don Morley/Allsport/Getty Images/Hulton Archive) Foto: Hulton Archive/Getty Images
Jakarta -

Legenda sepak bola asal Jerman, Gerd Mueller, meninggal dunia di usia ke-75 tahun, Minggu (15/8/2021). Diketahui, mantan bintang Bayern Munchen ini telah mengidap penyakit Alzheimer sejak 2015.

"Klub dan semua pendukung berduka dengan kematian Gerd Mueller, yang meninggal pada Minggu pagi di usia 75 tahun," tertulis dalam laman Twitter FC Bayern, Minggu (15/8/2021).

Penyakit apa itu Alzheimer yang diidap striker legendaris Jerman, Gerd Mueller?

Dikutip dari laman Mayo Clinic, penyakit Alzheimer adalah gangguan neurologis progresif yang menyebabkan otak menyusut dan sel-sel otak mati. Alzheimer adalah penyebab paling umum dari demensia atau penurunan kemampuan berpikir, perilaku, dan keterampilan sosial yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berfungsi secara mandiri.

Gejala awal Alzheimer berupa lupa akan peristiwa atau percakapan yang baru terjadi. Seiring perkembangannya, pengidap Alzheimer mengalami gangguan memori yang parah disertai kehilangan kemampuan untuk beraktivitas sehari-hari.

Bisakah disembuhkan?

Obat-obatan dapat memperbaiki atau memperlambat gejala Alzheimer untuk sementara. Akan tetapi, tidak ada pengobatan yang bisa menyembuhkan Alzheimer secara menyeluruh atau mengubah gangguan pada otak.

Pada kondisi lebih berat, pengidap Alzheimer bisa mengalami komplikasi dari gangguan fungsi otak seperti dehidrasi, kekurangan gizi, infeksi, hingga kematian.



Simak Video "Waspada! Bahaya Kontaminasi Mikroplastik Pada Galon Sekali Pakai"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)