Sabtu, 28 Agu 2021 10:43 WIB

Kenapa Ada Orang yang Malah Tambah Berat Badan Usai Olahraga?

Firdaus Anwar - detikHealth
fitness woman stretching the legs Foto: Getty Images/franckreporter
Jakarta -

Sebagian orang mungkin berolahraga karena ingin mengurangi berat badan. Ini memang disarankan ahli karena aktivitas fisik yang sesuai akan mendorong tubuh untuk mengolah lemak ekstra menjadi energi.

Tapi kemudian kenapa bisa ada yang berat badannya malah bertambah usai olahraga?

Ahli aktivitas fisik dan kesehatan digital Corinne Caillaud dari University of Sydney menjelaskan berat badan yang bertambah usai rutin olahraga bisa terjadi karena berbagai faktor. Salah satu hal yang umum terjadi adalah karena orang-orang biasanya tidak mengendalikan asupan makanan.

"Olahraga memiliki peran dalam mengatur berat badan dan di sisi koin yang sama ada faktor asupan makanan... Kamu mungkin berpikir 'karena sudah olahraga jadi tidak masalah makan ekstra,'" kata Corinne seperti dikutip dari Live Science, Sabtu (28/8/2021).

Faktor berikutnya yang bisa membuat berat badan bertambah usai olahraga adalah inflamasi di dalam tubuh.

Bila seseorang sebelumnya jarang berolahraga, aktivitas yang berlebihan dapat menyebabkan otot-otot mengalami kerusakan mini dan ini yang sering jadi sumber ngilu atau nyeri. Peradangan muncul sebagai reaksi alami untuk memperbaiki kerusakan otot tersebut dan dalam prosesnya membuat tubuh dapat menampung lebih banyak air.

Olahraga juga bisa membuat berat badan bertambah ketika terjadi peningkatan massa otot atau volume darah di dalam tubuh.

Corinne mengatakan pada akhirnya olahraga tetap dianjurkan karena bentuk kebiasaan hidup sehat yang baik. Bila berat badan bertambah karena peningkatan massa otot dan volume darah maka artinya fisik seseorang jadi lebih bugar.



Simak Video "Penyintas Covid-19 Disarankan Tak Lakukan Olahraga Anaerobik "
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)