Senin, 27 Sep 2021 05:28 WIB

Dikta Yovie & Nuno Kurus Gara-gara Freediving, Olahraga Apa Sih Itu?

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Dikta, Pradikta Wicaksono, Yovie & Nuno Dikta Yovie & Nuno (Foto: Pingkan Anggraini/ detikHOT)
Jakarta -

Pradikta Wicaksono alias Dikta Yovie & Nuno ngegas di media sosial gara-gara dibilang kurus dan hitam, seperti pemakai narkoba. Salah satu yang ia luruskan, tubuhnya kini lebih kurus karena freediving.

"Kenapa bisa kurus? Freedive itu olahraga anaerobik yang kalorinya lebih banyak kebakar dibanding olahraga biasa. Gue freedive dalam seminggu bisa 3-4 kali. Jadi ya udah pasti gue kurus," kata vokalis grup band Yovi & Nuno tersebut di instagram.

Pada dasarnya, freediving adalah kegiatan menyelam tanpa alat bantu pernapasan. Butuh kekuatan dan ketahan fisik, utamanya pernapasan, untuk bisa menahan napas dalam waktu lama di bawah permukaan air.

Dikutip dari Dikutip dari The Association Internationale pour le Développement de l'Apnée (AIDA International), freediving disebut sebagai salah satu cara terbaik untuk membebaskan diri dan menghabiskan waktu menikmati keindahan dan keheningan bawah laut.

Sejarahnya, freediving sudah dikenal sejak zaman yunani kuno. Pada masa itu, para prajurit menyelam dengan menahan napas tanpa alat bantu, untuk menyabotasi kapal musuh. Sedangkan di Jepang, freediving dilakukan untuk berburu mutiara.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI



Simak Video "Penyintas Covid-19 Disarankan Tak Lakukan Olahraga Anaerobik "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)