Kamis, 14 Okt 2021 13:00 WIB

Kecil-kecil Cabe Rawit! Pria Ini Dinobatkan Jadi Binaragawan Terpendek di Dunia

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Pratik Vitthal Mohite, binaragawan terpendek di dunia yang berhasil memecahkan rekor dunia terbaru dan masuk dalam Guinness Book of Records. Foto: Tangkapan layar/ YouTube Guinness Book of Record
Jakarta -

BinaragawanPratik Vitthal Mohite berhasil memecahkan rekor dunia terbaru dan masuk dalam Guinness Book of Record. Pria asal India ini dinobatkan menjadi binaragawan kompetitif terpendek pria di dunia dengan tinggi badan 3 kaki 4 inci atau 102 sentimeter.

Pratik mengatakan ini merupakan mimpinya dan merasa terhormat bisa mencapainya, meski sempat terhambat pandemi COVID-19.

"Ini adalah mimpi saya untuk mencapai gelar Guinness Book of Records dan merupakan suatu kehormatan untuk mencapainya. Saya sangat senang dan sampai saat ini akan menjadi pencapaian terbesar dalam karir saya," ujarnya yang dikutip dari laman resmi Guinness Book of Records, Kamis (14/10/2021).

Karir binaraga Pratik ini dimulai pada 2012 lalu yang penuh dengan hambatan. Ia sempat mengalami kesusahan saat memegang peralatan gym dan dipandang lemah oleh orang-orang.

[Gambas:Instagram]



Sampai akhirnya pada 2016, Pratik mengikuti ajang kompetisi pertamanya. Ia mendapat dukungan penuh dari keluarga dan teman-temannya. Untuk mencapai tujuan, ia melakukan latihan yang sangat ketat dan pola hidup yang sehat, seperti:

  • Lari pagi selama 30 menit
  • Sarapan sehat yang terdiri dari makanan diet khusus
  • Latihan di tempat gym pada sore hari selama dua jam
  • Lari selama 30 menit di malam hari
  • Di sela-sela waktu istirahatnya sering bermain kriket

Pratik bercerita saat dirinya mengikuti kejuaraan, seringkali peserta yang datang terkejut melihatnya. Sampai saat ini, ia telah mengikuti lebih dari 40 kompetisi binaraga, baik di tingkat distrik, negara bagian, hingga nasional.

"Meskipun tinggi badan kita pendek, mimpi kita harus besar," katanya yang dikutip dari Men's Health.

"Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Jika kita bekerja keras dengan dedikasi, kita dapat mengubah yang tidak mungkin menjadi mungkin," tegasnya.



Simak Video "Malaysia Catat Rekor Baru Kasus Positif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)