Minggu, 17 Okt 2021 09:18 WIB

Olahraga Pagi Bisa Perbaiki Suasana Hati, Ini 13 Manfaat Lainnya

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
young fitness woman runner /hiker legs at forest trail Manfaat olahraga pagi hari (Foto: iStock)
Jakarta -

Waku terbaik untuk olahraga sebenarnya bervariasi pada setiap orang, tergantung pada preferensi, gaya hidup, dan kondisi tubuh setiap orang. Meski demikian, olahraga pagi memiliki sejumlah manfaat yang mungkin bisa jadi pertimbangan Anda untuk mulai berolahraga di pagi hari.

Dikutip Healhline, Minggu (17/10/2021), adapun 13 manfaat berolahraga di pagi hari adalah sebagai berikut

1. Lebih sedikit gangguan

Olahraga di pagi hari, Anda akan lebih sedikit mendapat gangguan lantaran belum disibukkan dengan berbagai rutinitas seperti bekerja, sekolah, belajar dan sebagainya. Dengan lebih sedikit gangguan, tentu olahraga bisa lebih fokus.

2. Menghindari cuaca panas

Jika lebih suka berolahraga di luar ruangan, olahraga di pagi hari tentu menjadi pilihan yang sangat tepat, terutama untuk menghindari teriknya matahari. Bagian hari yang paling panas adalah menjelang pukul 10 pagi hingga 3 sore. Disarankan untuk menghindari olahraga di luar ruangan selama waktu ini.

3. Mengontrol pola makan

Sebuah penelitian menemukan bahwa olahraga dapat menginspirasi seseorang untuk mengubah asupan makanannya menjadi lebih sehat. Tak hanya itu, berolahraga lebih awal juga dapat mendorong seseorang untuk menjalani rutinitas dan pilihan makanan yang lebih sehat sepanjang hari.

4. Meningkatkan kewaspadaan

Olahraga pagi bisa meningkatkan hormon kortisol. Hormon kortisol adalah hormon yang membuat seseorang tetap terjaga dan waspada. Biasanya, kortisol meningkat di pagi hari dan turun di malam hari serta mencapai puncaknya sekitar jam 8 pagi.

5. Meningkatkan energi

Olahraga teratur sangat baik untuk meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan. Saat berolahraga, oksigen dan nutrisi mengalir ke jantung dan paru-paru. Hal ini dapat meningkatkan sistem kardiovaskular, daya tahan, dan stamina secara keseluruhan. Dengan berolahraga lebih awal, seseorang mungkin akan merasa lebih berenergi sepanjang hari.

6. Memperbaiki fokus

Terlepas dari kapan olahraga itu dilakukan, olahraga juga dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi, terutama bagi seseorang yang kesulitan fokus di siang hari, olahraga pagi mungkin bisa menjadi solusinya.

Studi pada 2019 menemukan bahwa olahraga pagi meningkatkan fokus, pembelajaran visual, dan pengambilan keputusan. Tak jarang olahraga pagi dikaitkan dengan kognisi yang lebih baik sepanjang hari, terutama bila disertai dengan istirahat teratur.

7. Memperbaiki suasana hati

Olahraga merupakan obat alami untuk stres. Selama berolahraga, otak memproduksi lebih banyak endorfin atau hormonyang membuat seseorang merasa senang dan pengalih perhatian dari pikiran cemas. Olahraga pagi adalah cara yang bagus untuk memulai hari dengan positif.

8. Menurunkan berat badan

Studi pada 2015 yang diterbitkan di EBioMedicine menemukan bahwa mungkin waktu terbaik untuk menurunkan berat badan adalah olahraga di pagi hari. Jika ingin menurunkan berat badan, olahraga pagi dapat menjadi solusi.

9. Mengontrol nafsu makan

Secara umum, olahraga membantu mengatur nafsu makan dengan mengurangi hormon ghrelin atau hormon rasa lapar dan meningkatkan hormon kenyang, seperti peptida YY dan peptida-1 seperti glukagon. Sekain itu, olahraga pagi dapat meningkatkan cara otak merespons isyarat nafsu makan sehingga dapat mengontrol jadwal makan.

10. Meningkatkan aktivitas

Menurut studi pada 2012 di Medicine & Science in Sports & Exercise, olahraga pagi dikaitkan dengan lebih banyak gerakan sepanjang hari. Setelah berjalan kaki selama 45 menit di pagi hari, para peserta menunjukkan peningkatan aktivitas fisik selama 24 jam berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jangan Mager Olahraga, Dengerin Nih Pesan Liliyana Natsir!"
[Gambas:Video 20detik]