Minggu, 31 Okt 2021 21:38 WIB

Sesak Napas di Tengah Laga, Sergio Aguero Idap Aritmia Jantung?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
BARCELONA, SPAIN - OCTOBER 17: Sergio Aguero of FC Barcelona looks on during the La Liga Santander match between FC Barcelona and Valencia CF at Camp Nou on October 17, 2021 in Barcelona, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images) Sergio Aguero mengalami sesak napas di tengah laga, aritmia jantung? (Foto: Getty Images/David Ramos)
Jakarta -

Striker Barcelona Sergio Aguero dilarikan ke rumah sakit karena mengalami sesak napas di tengah laga versus Deportivo Alaves. Hasil pemeriksaan menunjukkan, Aguero mengalami aritmia jantung.

Bermula ketika pada menit ke-38, Aguero terjatuh usai terlibat kontak fisik di kotak penalti. Ia tampak kesulitan bernapas dan tampak memegangi dada, lalu harus keluar dari pertandingan untuk menjalani pemeriksaan jantung.

Mengutip SPORT, barcauniversal menyebut bahwa Aguero didiagnosis mengalami cardiac arrythmia atau aritmia jantung. Simpelnya, gangguan irama jantung. Ia tengah menjalani pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit untuk memastikan kondisinya.

Apa itu aritmia jantung?

Dikutip dari Mayo Clinic, aritmia jantung adalah kondisi denyut jantung yang tidak teratur. Kondisi ini terjadi ketika sinyal elektrik jantung yang mengatur denyut jantung tidak berfungsi sebagaimana seharusnya.

Gangguan sinyal elektrik jantung bisa menyebabkan jantung berdetak lebih kencang atau takikardia, lebih lambat atau bradikardia, atau tidak teratur sama sekali. Pada beberapa orang, kondisi ini tidak berbahaya, tetapi pada sebagian yang lain bisa mengancam nyawa.

Apa gejalanya?

Aritmia jantung tidak selalu disertai gejala tertentu. Kondisi ini kerap ditemukan ketika dokter melakukan pemeriksaan untuk kondisi lain. Namun ada beberapa gejala yang bisa dicurigai:

  • Berdebar-debar
  • Nyeri dada
  • Sesak napas
  • Gelisah
  • Letih
  • Kepala melayang-layang
  • Berkeringat
  • Pingsan atau nyaris pingsan.



Simak Video "Jangan Takut Cek Jantung di Rumah Sakit"
[Gambas:Video 20detik]
(up/naf)