Minggu, 14 Nov 2021 15:02 WIB

8 Manfaat Taekwondo, Olahraganya Jan Ethes Cucu Jokowi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Cucu Presiden Joko Widodo, Jan Ethes Srinarendra, mengikuti kompetisi taekwondo. Dalam kompetisi ini, Jan Ethes mendapatkan juara satu di kelas pemula. Jan Ethes juara Taekwondo (Foto: Bayu Ardi Isnanto)
Jakarta -

Cucu Presiden Joko Widodo, Jan Ethes Srinarendra, menjuarai kompetisi Taekwondo yang digelar Sekolah Taekwondo Sanggar Kartika Buana (SKB) Solo, baru-baru ini. Ia mendapat juara satu di kelas pemula.

Sang ayah, Gibran Rakabuming Raka, menyebut Jan Ethes belum terlalu lama berlatih Taekwondo. Karenanya, ia masih mengenakan sabuk putih, tingkatan paling dasar dalam cabang beladiri tersebut.

"Masih baru, sabuk putih. Paling baru, baru banget. Baru pertama bertanding. Lawannya sabuk kuning," kata Gibran, Minggu (14/11/2021).

Selvi Ananda, ibu Jan Ethes, mengatakan pertandingan ini sebagai latihan mental. Kalah menang urusan belakangan, yang penting berani maju.

Seperti halnya seni beladiri lainnya, Taekwondo juga memberikan manfaat pada anak-anak. Melatih mental seperti dikatakan Selvi, termasuk salah satunya.

Dikutip dari Healthfitnessrevolution, berikut manfaat berlatih Taekwondo bagi anak-anak.

1. Membangun rasa percaya diri

Berlatih Taekwondo di setiap tingkatan melatih sikap positif dan saling menghargai. Anak-anak jadi lebih nyaman berada di segala situasi, dan yakin bahwa dirinya mampu menyelesaikan apapun yang ada di pikiran.

2. Menanamkan nilai dan moral

Seni beladiri memiliki nilai-nilai kebijaksanaan, yang jika diterapkan dengan konsisten, membuat seseorang lebih tidak impulsif dan tidak agresif. Sikap dan pengendalian diri ini bisa terbawa dalam keseharian.

3. Membiasakan gaya hidup sehat

Latihan Taekwondo termasuk olahraga yang melibatkan seluruh tubuh dan membakar banyak kalori. Latihan secara teratur akan membentuk pola hidup sehat yang memang dibutuhkan untuk bisa mengikuti latihan dengan benar.

4. Melatih kontrol diri dan disiplin

Gerakan-gerakan Taekwondo mulai dari yang dasar hingga paling rumit hanya bisa dipelajari jika peserta mengikutinya dengan disiplin. Selain itu, juga butuh kontrol gerakan yang baik sehingga harus selalu menjaga konsentrasi. Dalam keseharian, sikap ini banyak dibutuhkan.

5. Menjaga kesehatan jantung

Namanya juga olahraga, salah satu yang paling terlatih jika dilakukan dengan benar adalah sistem kardiovaskular. Butuh stamina yang tinggi untuk bisa mengikuti sesi latihan yang terkadang cukup panjang.

Selanjutnya
Halaman
1 2