ADVERTISEMENT

Rabu, 12 Jan 2022 14:31 WIB

Manfaat Weight Training, Disebut Shin Tae Yong Jadi Kelemahan Timnas RI

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Indonesia players huddle during the AFF Suzuki Cup 2020 final first leg soccer match between Indonesia and Thailand in Singapore, Wednesday, Dec. 29, 2021. (AP Photo/Suhaimi Abdullah) Shin Tae-yong sebut weigh training jadi kelemahan timnas Indonesia (Foto: AP/Suhaimi Abdullah)
Jakarta -

Pelatih Timnas sepakbola Indonesia Shin Tae-Yong menyebut weight training saat membahas performa timnas. Ia menyebutkan ada tiga kekurangan pemain Indonesia yakni mental profesionalitas, pola makan dan ketidaktahuan tentang weight training atau latihan beban.

Dalam acara podcast Deddy Corbuzier, Selasa (11/1/2022), Shin Tae-yong mengungkapkan weight training penting dilakukan karena sepakbola termasuk olahraga keras.

"Weight training untuk menguatkan badan, maksudnya main bola, main body. Bakal banyak nabrak, benturan, harus keras mainnya," kata Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong menambahkan, bila pemain tidak memiliki postur tubuh yang kuat akan menyebabkan pemain kesulitan dalam mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Lalu apakah weight training itu?


Sedangkan mengutip dari Total Soccer, sepakbola tidak hanya sekedar bakat, keterampilan, dan kecepatan lari tetapi diperlukan juga kekuatan tubuh. Selain beradu lari dengan lawan, pemain sepakbola juga harus bisa beradu badan untuk saling tekel hingga adu lompat untuk mengontrol bola di udara.Dikutip dari Healthline, Rabu (12/1/2022), weight training merupakan salah satu jenis latihan menggunakan beban untuk ketahanan. Beban yang digunakan bisa berasal dari tubuh ataupun alat dari luar seperti dumbell, barbell, atau kettlebell.

Berikut manfaat weight training bagi pemain sepakbola:

1. Mengurangi risiko cedera

Latihan gerakan seperti jongkok dan deadlifting bisa memperkuat otot-otot untuk menstabilkan sendi, seperti pinggul dan lutut. Memperkuat otot sekitar sendi busa sehingga mengurangi risiko cedera.

2. Melatih keseimbangan

Mengembangkan kekuatan dapat membantu pemain mengontrol tubuhnya.

3. Memperkuat pergerakan pemain

Mengatur tendangan bola, mengatur arah bola, melakukan penyelamatan bola saat di gawang hingga menyundul bola, merupakan teknik yang membutuhkan keterampilan. Teknik tersebut bisa didapatkan dengan cara berlatih weight training.



Simak Video "Kok Kamu Klepto Sih?"
[Gambas:Video 20detik]
(any/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT