ADVERTISEMENT

Rabu, 12 Jan 2022 19:01 WIB

Weight Training: Manfaat dan Cara Melakukan Latihan Beban yang Efektif

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Pengunjung berolahraga di tempat pusat kebugaran My Gym di kawasan Matraman, Jakarta Timur, Selasa (5/10/2021). Pemerintah akhirnya memperbolehkan fitness center kembali beroperasi selama perpanjangan PPKM hingga 18 Oktober 2021. Weight training (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Weight training tengah banyak dibicarakan belakangan ini. Sesuai namanya, latihan olahraga yang satu ini memfokuskan pada penggunaan beban baik beban tubuh sendiri maupun menggunakan alat.

Latihan beban penting dilakukan untuk memperkuat otot. Pada atlet atau olahragawan, kekuatan otot menjadi salah satu modal penting untuk meningkatkan performa saat bertanding.

Sedangkan dalam keseharian, latihan beban punya banyak manfaat. Pertama, memperkuat otot sehingga bisa membantu fungsi sistem rangka dalam menopang berat badan. Kedua, otot yang aktif akan meningkatkan metabolisme sehingga tidak cepat gemuk.

Sebenarnya apa itu weight training?

Dikutip dari True Fitness, weight training atau latihan beban adalah jenis latihan kekuatan yang menggunakan beban untuk ketahanan. Dengan menciptakan otot yang dilakukan dengan beban bebas (misalnya barbel dan dumbel), latihan ini akan memungkinkan tubuh menjadi lebih kuat.

Manfaat weight training

Ada beberapa manfaat yang bisa didapat melalui weight training.

1. Membuat tubuh lebih kuat dan bugar

Latihan kekuatan atau latihan beban juga disebut latihan ketahanan karena melibatkan penguatan dan pengencangan otot dengan mengontraksikannya melawan gaya penahan.

2. Mengurangi risiko cedera

Latihan gerakan seperti jongkok dan deadlifting bisa memperkuat otot-otot untuk menstabilkan sendi, seperti pinggul dan lutut. Memperkuat otot sekitar sendi busa sehingga mengurangi risiko cedera.

3. Membantu menjaga berat badan

Latihan ini juga dapat membantu para atlet meningkatkan penurunan berat badan lebih banyak daripada jika hanya melakukan latihan aerobik saja.

4. Membakar kalori lebih banyak

Ketika Anda melakukan latihan kekuatan, beban, atau ketahanan, tubuh Anda menuntut lebih banyak energi berdasarkan seberapa banyak energi yang dikeluarkan (artinya semakin keras Anda bekerja, semakin banyak energi yang dibutuhkan). Itu berarti akan banyak kalori yang terbakar selama latihan.

5. Mengurangi risiko kardiovaskular

Seiring dengan latihan aerobik, aktivitas penguatan otot membantu meningkatkan tekanan darah dan mengurangi risiko hipertensi serta kardiovaskular atau penyakit jantung.

Cara melakukan weight training dengan tepat

  • Jaga punggung tetap lurus saat mengangkat
  • Gunakan teknik mengangkat yang tepat saat memindahkan beban di sekitar ruangan
  • Pakailah sepatu dengan traksi yang baik
  • Pastikan peralatan yang Anda gunakan dalam kondisi baik
  • Jangan hiperventilasi (bernapas masuk dan keluar dengan cepat) atau menahan napas saat mengangkat beban berat. Anda mungkin kehilangan dan kehilangan kendali atas beban. Buang napas saat Anda mengangkat
  • Jangan melanjutkan mengangkat jika Anda merasa sakit. Mengakhiri latihan yang menyakitkan selama beberapa hari, atau coba beban dengan yang lebih ringan
  • Jangan mengangkat beban yang lebih berat dari yang bisa Anda tangani
  • Jangan mengangkat beban tanpa pengawasan (seseorang untuk membantu Anda mengangkat) atau mendorong lebih dari yang biasanya Anda lakukan dengan aman.


Simak Video " Perjalanan Hidup Ade Rai, Dari Bulutangkis ke Binaraga"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT