ADVERTISEMENT

Jumat, 18 Mar 2022 06:30 WIB

Dialami Raffi Ahmad, Mungkinkah Angkat Beban Berat Sebabkan Saraf Kejepit?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Raffi Ahmad Foto: Raffi Ahmad (Hanif Hawari)
Jakarta -

Artis Raffi Ahmad dilarikan ke rumah sakit setelah mengeluhkan rasa sakit di bagian pinggangnya. Setelah diperiksa, Raffi Ahmad mengalami saraf kejepit.

Raffi Ahmad sempat menduga ini terjadi karena dirinya sudah lama tidak mengangkat beban berat, sehingga membuat penyakit lamanya kembali kambuh.

"Kayaknya kemarin aku sudah lama nggak gendong-gendong berat, terus ngangkat Rafathar, Rafathar kan sudah tambah besar, jadinya ken ini kecetit. Lumayan banget ini sayang sakitnya. Kayak kesemutan gitu lo," ungkap Raffi Ahmad dalam Channel YouTubenya.

Benarkah mengangkat beban yang berat bisa memicu terjadinya saraf kejepit?

Dokter spesialis kesehatan olahraga dr Michael Triangto, SpKO, menjelaskan umumnya orang yang sehat tidak ada masalah dalam melakukan aktivitas apapun. Tetapi, jika sebelumnya memiliki riwayat masalah serupa, tidak menutup kemungkinan bisa mengalami cedera saraf kejepit ini.

"Kalaupun ada, mungkin sebelumnya dia sudah mempunyai masalah terlebih dahulu. Jadi sebelumnya sudah ada problem, dengan mengangkat beban risiko itu menjadi lebih besar," jelas dr Michael saat dihubungi detikcom, Kamis (17/3/2022).

Namun, jika orang tersebut dalam keadaan sehat dan tidak memiliki riwayat sakit apapun mungkin ada faktor lain yang mempengaruhinya. Sebab, tidak semua orang yang mengangkat beban berat bisa mengalami saraf kejepit.

Beberapa faktor yang bisa memicu kondisi ini misalnya, bebannya yang terlalu berat atau cara mengangkat bebannya yang salah.

"Kalau dia itu awam, dan sebelumnya itu belum pernah dan sehat-sehat saja (tidak ada riwayat) kemungkinannya kecil. Tapi, bukan berarti tidak ada risiko sama sekali," kata dr Michael.

"Kecuali bebannya terlalu besar, postur dia nggak bagus, atau cara mengangkatnya salah. Jadi banyak sekali (faktornya)," pungkasnya.



Simak Video "Hanung Bramantyo Gelontorkan Rp 200 Juta untuk Operasi Saraf Kejepit "
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT