ADVERTISEMENT

Minggu, 27 Mar 2022 18:01 WIB

Fakta-fakta Diplopia, Ancam Karier Marc Marquez Usai Crash di Mandalika

Patrick - detikHealth
SPIELBERG, AUSTRIA - AUGUST 06: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team looks on in box during the MotoGP of Styria - Free Practice at Red Bull Ring on August 06, 2021 in Spielberg, Austria. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Marc Marquez (Getty Images/Mirco Lazzari )
Jakarta -

Usai crash di Mandalika, rider Repsol Honda Marc Marquez kembali mengalami diplopia atau masalah penglihatan ganda. Padahal, rider berjuluk Baby Alien ini baru saja pulih dari kondisi serupa usai kecelakaan motocross pada November 2021.

Insiden tersebut memaksa sang juara dunia 8 kali untuk absen balapan. Meski kondisi yang dialami Marquez sekarang disebut lebih ringan dibanding sebelumnya, bukan tidak mungkin tragedi ini akan mengancam karier Marquez ke depannya.

Apa Itu Diplopia?

Dikutip dari Medical News Today, diplopia merupakan gangguan pada mata yang menyebabkan seseorang akan melihat dua bayangan terpisah dari objek yang sama. Kondisi tersebut tidak hanya berdampak pada penglihatan, namun juga dapat mempengaruhi keseimbangan, gerakan, dan kemampuan membaca seseorang.

Banyak orang sering salah mengira diplopia sebagai penglihatan kabur. Diplopia dapat mempengaruhi satu atau kedua mata seseorang.

Ada dua jenis diplopia, yaitu diplopia monokular dan diplopia binokular. Pada diplopia monokular, seseorang akan melihat bayangan ganda tetap ada meskipun mata yang satu tertutup.

Namun, seseorang dengan diplopia binokular dapat melihat dua bayangan hanya ketika kedua matanya terbuka. Ada tiga kondisi diplopia, yaitu horizontal, vertikal, atau keduanya (diagonal).

Apa yang Dilihat Seseorang Jika Mengalami Diplopia?

Apa yang dilihat seseorang dengan diplopia tergantung pada jenis gangguan yang sedang diidapnya, misalnya seperti berikut:

  • Diplopia Horizontal, mata melihat objek ganda muncul secara berdampingan.
  • Diplopia Vertikal, mata melihat salah satu objek muncul di atas objek yang lain.
  • Diplopia Diagonal, mata melihat objek yang saling berpindah secara horizontal dan vertikal.

Bahkan seseorang dapat memiliki diplopia dan tidak mengetahuinya. Otak akan mengabaikan gambaran objek dari satu mata untuk menghilangkan gambaran yang tidak cocok.

Next: Penyebab diplopia.

Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT