Minggu, 17 Apr 2022 13:02 WIB

Jaga Kebugaran Tubuh, Jenis Olahraga Ini Cocok Dilakukan Saat Puasa

Firdaus Anwar - detikHealth
Arabic woman runner outdoors in the morning with bright sunlight. Side view of young muslim woman wearing hijab resting after workout outdoors in the city. Foto: Getty Images/iStockphoto/jacoblund
Jakarta -

Puasa di bulan Ramadan bukan alasan untuk mengurangi rutinitas olahraga. Bila dilakukan dengan tepat, olahraga bisa membantu menjaga kebugaran dan tidak mengganggu puasa.

Hal yang perlu diperhatikan bila seseorang ingin olahraga di bulan Ramadan adalah waktu dan intensitasnya. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyarankan saat masih waktu berpuasa, pilih olahraga yang berintensitas ringan sehingga tidak banyak mengeluarkan keringat.

"Pilih jenis olahraga yang intensitasnya ringan/sedang seperti jogging, jalan kaki, dan bersepeda. Tidak disarankan melakukan olahraga dengan intensitas berat selama puasa," tulis Kemenkes lewat akun Twitter-nya.

"Jika ingin berolahraga dengan intensitas tinggi, sebaiknya dilakukan saat malam hari setelah berbuka puasa," lanjutnya.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah agar jangan memaksakan diri. Hentikan olahraga bila mulai merasa pusing.

"Sebelum memulai olahraga, selalu perhatikan kondisi tubuh. Jika merasa pusing sebaiknya segera hentikan aktivitas olahragamu ya," pesan Kemenkes RI.



Simak Video "Momentum Diet Kala Puasa Ramadan"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)