Jumat, 13 Mei 2022 10:35 WIB

Senam Indonesia Bakal Tampil di Setiap Acara Resmi Negara ASEAN

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ilustrasi seorang wanita sedang berolahraga di luar ruangan Foto ilustrasi: Thinkstock
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI menyebut senam Indonesia bakal ditampilkan di setiap acara formal negara ASEAN. Senam tersebut merupakan aerobic bernama 'Sat Kerthi' for All.

'Set Kerthi' for All terpilih usai berhasil memenangkan kompetisi ASEAN Fun Aerobic Dance Competition (AFADC) 2021 lalu. AFADC kala itu dilaksanakan sebagai kelanjutan ASEAN Car-Free Day yang diinisiasi Indonesia pada Pertemuan ASEAN Health Ministers Meeting (AHMM) ke-13 di Brunei Darussalam pada 2017.

Banyak negara bergabung dalam kompetisi AFADC termasuk Thailand hingga Malaysia. Total 27 peserta yang mendaftar, tetapi hanya 21 di antaranya yang mengirimkan video.

Peserta terdiri dari 20 orang Indonesia, 5 peserta dari Thailand, 2 peserta dari Malaysia. Dua minggu setelah penjurian dilakukan, tiga pemenang dengan skor tertinggi seluruhnya berasal dari Indonesia.

Antara lain Sat Kerthi for All dengan skor total 571,4 dari Indonesia. Senam Asia Tenggara yang Indah dengan skor total 561,2 dari Indonesia. Budaya Tradisional ASEAN dengan skor total 554,4 dari Indonesia.

Ada delapan juri yang berasal dari beragam kewarganegaraan berbeda seperti Jepang, Brazil, Indonesia, Kamboja dan Thailand dengan latar belakang ahli dalam asosiasi profesi fitnes, dokter olahraga, koreografer tari/senam dan perwakilan dari ASEAN.

"Senam ini melambangkan komitmen ASEAN untuk mempromosikan gaya hidup sehat. Hal itu diamanatkan melalui Agenda Pembangunan Kesehatan ASEAN Pasca-2015 dan dioperasionalkan melalui Program Kerja Cluster Kesehatan ASEAN tentang Mempromosikan Gaya Hidup Sehat," demikian keterangan resmi Kementerian Kesehatan RI.

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI Maria Endang Sumiwi berharap ASEAN Fun Aerobic Dance dapat digunakan untuk memperkuat promosi gaya hidup sehat melalui dorongan dan mobilisasi aktivitas fisik di komunitas ASEAN, dan menjadi olahraga yang mewakili komunitas ASEAN.

"Saya bangga mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan oleh ASEAN dan untuk ASEAN. Jadi, mari berlatih ASEAN Fun Aerobic Dance untuk ASEAN yang lebih sehat. Melalui peluncuran AFADC ini diharapkan dapat menjadi upaya promosi aktifitas fisik yang mendukung gerakan hidup sehat untuk masyarakat ASEAN," katanya di Hotel Conrad, Bali.



Simak Video "Cegah Cacar Monyet, Kemenkes Minta Pintu Masuk Internasional Waspada"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)