Kata Dokter Soal 'Jantung Pindah ke Usus', Saking Deg-degan Nonton Thomas Cup

ADVERTISEMENT

Kata Dokter Soal 'Jantung Pindah ke Usus', Saking Deg-degan Nonton Thomas Cup

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Minggu, 15 Mei 2022 13:31 WIB
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan (kanan) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo (kiri) berpose usai mengalahkan lawannya pebulu tangkis ganda putra Cina Liu Yu Chen dan Ou Xuan Yi dalam pertandingan babak perempat final Piala Thomas 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Kamis (12/5/2022). Kemenangan Kevin/Ahsan dengan skor 21-17 dan 21-16, membawa Tim Thomas Indonesia unggul sementara 2-0 atas Cina. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU
Laga mendebarkan Thomas Cup 2022 bikin 'jantung pindah ke usus' (Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta -

Pertandingan Thomas Cup 2022 selalu menghadirkan laga-laga menegangkan. Saking deg-degan menyaksikannya, netizen sampai punya ungkapan baru: jantung pindah ke usus!

Di partai final, tim Indonesia akan menghadapi India yang baru pertama kali menjadi finalis. Diperkirakan kaga yang berlangsung di Bangkok, Thailand, ini tidak kalah mendebarkan dari laga-laga sebelumnya.

Tapi mungkin nggak sih, jantung beneran pindah ke usus? Ahli kesehatan jantung dari Siloam Hospital Karawaci dr Vito A Damay, SpJP memastikan bahwa sebenarnya jantung tidak mungkin berpindah ke usus. Namun sensasi yang digambarkan dalam ungkapan tersebut bisa muncul karena berasal dari dua faktor.

"Jantung bagian bawah memang dekat sekali dengan lambung bagian atas, memang kadangkala terasa sensasinya demikian (jantung seperti pindah ke usus)," ungkap dr Vito kepada detikcom, Minggu (15/5/2022).

"Kedua, kalau kita menunggu final piala Thomas Cup itukan kita merasakan adrenaline, stres juga, rangsangan stres bikin jantung berdebar," tambahnya.

Sementara itu, dr Ayuthia Putri Sedyawan, BMedSc, SpJP, FIHA dari RS Mayapada juga mengungkapkan hal serupa. Menurutnya, ungkapan 'jantung pindah ke usus' hanya menggambarkan sensasi deg-degkan menonton Thomas Cup, yang dalam kenyataannya tidak mungkin terjadi.

Namun sensasi tersebut bisa dirasakan akibat adanya sensasi artima atau irama jantung yang tidak teratur.

"Kadang terasa seperti jantung lepas atau kadang pasien merasa seperti pindah ke usus, namun itu hanya sensasi subjektif yang dirasakan pasien," ungkapnya kepada detikcom, Minggu (15/5/2022).



Simak Video "Waspadai Penyakit Jantung pada Anak!"
[Gambas:Video 20detik]
(any/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT