ADVERTISEMENT

Minggu, 15 Mei 2022 15:32 WIB

'Jantung Pindah ke Usus' Beneran Bisa Terjadi, Tapi Bukan karena Thomas Cup

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan (kanan) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo (kiri) berpose usai mengalahkan lawannya pebulu tangkis ganda putra Cina Liu Yu Chen dan Ou Xuan Yi dalam pertandingan babak perempat final Piala Thomas 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Kamis (12/5/2022). Kemenangan Kevin/Ahsan dengan skor 21-17 dan 21-16, membawa Tim Thomas Indonesia unggul sementara 2-0 atas Cina. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU Serasa jantung pindah ke usus saat menonton Thomas Cup 2022 (Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta -

'Jantung pidah ke usus' memang hanya ungkapan para netizen untuk menggambarkan sensasi deg-degan saat menonton Thomas Cup 2022. Namun dalam kenyataan, hal itu benar-benar bisa menjadi kenyataan.

Ahli kesehatan jantung dari Siloam Hospital Karawaci dr Vito A Damay, SpJP mengatakan, posisi jantung bagian bawah memang berdekatan dengan lambung. Namun sebenarnya, kedua organ dibatasi oleh diafragma yang memisahkan rongga dada dengan rongga jantung.

"Secara medis, nggak mungkin dan nggak pernah ada kasus seperti itu (jantung pindah ke usus) kecuali ada kelainan medis," jelas dr Vito, Minggu (15/5/2022).

Pada kondisi tertentu, jantung yang seharusnya ada di rongga dada benar-benar bisa berpindah ke rongga perut tempat usus berada. Kondisi ini disebut hernia diafragmatika, yakni kondisi bawaan atau kongenital yang menyebabkan ada lubang pada otot diafragma.

"Biasanya berpindah dari jantung yang ada di rongga dada, berpindah ke rongga perut," kata dr Vito.



Simak Video "Bersama Ensure Membuat Olahan Dasar Cokelat yang Sehat "
[Gambas:Video 20detik]
(any/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Eureka!
×
Selamat Tinggal BBM
Selamat Tinggal BBM Selengkapnya