Minggu, 15 Mei 2022 17:19 WIB

Awas! Sensasi 'Jantung Pindah ke Usus' Juga Bisa Jadi Gejala Serius

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Indias Satwiksairaj Rankireddy, left, and Chirag Shetty react after winning over Indonesias Kevin Sanjaya and Mohammad Ahsan during their mens double final badminton match at Thomas & Uber Cup in Bangkok, Thailand, Sunday, May 15, 2022. (AP Photo/Sakchai Lalit) India menang di final Thomas Cup 2022 (Foto: AP/Sakchai Lalit)
Jakarta -

Sensasi 'jantung pindah ke usus' banyak dikeluhkan netizen saat menonton Thomas Cup 2022. Jantung berdebar-debar seolah copot dari posisinya lalu berpindah ke usus.

Dalam kenyatannya, jantung mustahil pindah posisi dari rongga dada ke rongga perut kecuali ada kondisi khusus. Tapi hati-hati, sensasi berdebar juga bisa jadi gejala masalah jantung yang perlu diwaspadai.

Ahli kesehatan jantung dari Rumah Sakit Siloam Karawaci dr Vito A Damay, SpJP menjelaskan perasaan deg-degan saat menonton final Thomas Cup bisa memicu stres berat yang berakibat pada peningkatan produksi asam lambung. Ia mengingatkan, jika muncul perasaan tersebut, diharapkan untuk waspada.

"Hati-hati ketika muncul keluhan tidak nyaman di dada, sakit dada, atau sampai keringat dingin, ini tanda bahayanya. Sedangkan yang berhubungan dengan pencernaan, merasakan mual, muntah, itu bisa saja dia sedang merasakan serangan jantung," terang dr Vito kepada detikcom, Minggu (15/5/2022).

Sementara itu, dr Ayuthia Putri Sedyawan, BMedSc, SpJP, FIHA dari RS Mayapada mengingatkan, jika seseorang mulai merasakan sensasi 'jantung pindah ke usus', sebaiknya segera konsultasi ke dokter. Tujuannya, untuk mengetahui apakah kondisi tersebut merupakan suatu kelainan atau kondisi normal.

"Dapat diperiksakan EKG ataupun jika diperlukan diperiksa holter monitoring. Terapi obat dan lainnya sesuai indikasi atau penyakit," terang dr Ayuthia kepada detikcom, Minggu (15/5/2022).



Simak Video "Bersama Ensure Membuat Olahan Dasar Cokelat yang Sehat "
[Gambas:Video 20detik]
(any/up)