Minggu, 22 Mei 2022 06:30 WIB

Bukan Cuma Buat Gaya, Ini Lho Manfaat Pakai Compression Saat Olahraga

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
feet male runner in compression socks running on wet asphalt Pakai kompresi saat olahraga, fungsinya apa sih? (Foto: Getty Images/iStockphoto/sportpoint)
Jakarta -

Compression garment atau pakaian kompresi merupakan setelan pakaian olahraga yang didesain khusus sangat pas dan ketat di kulit. Dalam konteks olahraga, pakaian kompresi memberikan dukungan bagi otot untuk untuk melakukan proses recovery (penyembuhan) lebih cepat.

Hal tersebut sebagaimana dikatakan oleh dr Bernadette Laura dari Royal Sports Performance Centre. Menurutnya, memakai pakaian kompresi membuat peradangan otot lebih cepat sembuh.

"Setiap habis olahraga kan pasti otot itu mengalami nyeri atau peradangan karena proses latihan, nah menurut penelitian yang saya baca dengan memakai compression garment itu bisa mengurangi peradangan 3% lebih cepat. Ini tidak bisa dilakukan pakaian biasa," ujar dr Laura di sela Workout Class 2XU di Mall Kota Kasablanka, Sabtu (21/5/2022).

"Tapi ini penelitian yang perlu dilanjutkan karena yang saya baca itu tahun 2013," sambungnya.

Dokter Laura sendiri menekankan sebetulnya pakaian dalam olahraga bisa dipilih senyaman mungkin untuk tiap individu, namun jangan lupakan prinsip recovery yang harus diperhatikan setelah olahraga.

"Kalau untuk pakaian olahraga nggak perlu nunggu jago dulu ya baru ganti yang bagus, senyaman kita aja pakainya. Memang apapun itu olahraganya, mau jogging atau bersepeda tetap butuh namanya recovery outfit. Jangan sampai olahraga ringan malah cedera," bebernya.

Pakaian kompresi untuk olahraga memang terbilang cukup mahal, namun mengandung fungsi recovery yang penting bagi tubuh.

"Memang kalau harga lebih mahal yah, tapi penting untuk mengoptimalkan olahraga yang ditekuni. Tapi senyamannya aja," tambahnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tips Aman Berolahraga di Tengah Buruknya Udara Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]