Jumat, 03 Jun 2022 19:26 WIB

Hari Sepeda Sedunia 2022: Sejarah, Manfaat, dan Twibbon

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Warga bersepeda di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (3/4/2022). Aktivitas olahraga warga ibu kota pada hari pertama puasa Ramadan terpantau lebih sepi dibanding hari Minggu sebelum-sebelumnya. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww. Hari Sepeda sedunia 2022 (Foto: Antara Foto/Hafidz Mubarak A)
Jakarta -

Hari Sepeda Sedunia diperingati pada tanggal 3 Juni setiap tahun sejak 2018. Momen tersebut bertujuan agar masyarakat lebih aktif melakukan kegiatan sederhana, termasuk bersepeda. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menekankan bahwa bersepeda terbukti menjadi cara yang efektif untuk mencapai tingkat aktivitas yang direkomendasikan.

Sebagai informasi, sepeda merupakan salah satu alat transportasi tua yang masih digunakan di seluruh dunia. Bahkan dengan transportasi ini masyarakat bisa membantu mengurangi permasalahan terkait pertumbuhan jumlah polusi kendaraan, sehingga dapat menciptakan kualitas udara yang baik.

Selain berguna menjadi transportasi, sepeda juga membantu seseorang menikmati aktivitas fisik dengan mudah dan nyaman. Simak informasi berikut tentang seluk-beluk Hari Sepeda Sedunia.

Sejarah Hari Sepeda Sedunia

Hari Sepeda Sedunia 2022 atau World Bicycle Day 2022 merupakan perayaan kelima sejak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan tanggal 3 Juni sebagai Hari Sepeda Sedunia.

Dikutip dari National Today, penetapan ini berasal dari hasil kampanye Profesor Leszek Sibilski dan dukungan dari Turkmenistan dan 56 negara lain untuk Hari Sepeda Sedunia.

Awalnya Sibilski yang tinggal di Amerika Serikat memulai kampanye untuk mempromosikan resolusi PBB yang akan menetapkan hari untuk advokasi dan perayaan sepeda sederhana di seluruh dunia.

Pada tahun 2015, Sibilski mendedikasikan dirinya untuk sebuah proyek akademis, yaitu mengeksplorasi sepeda dan perannya dalam pembangunan. Proyek tersebut terjadi dalam gerakan besar yang didukung oleh "Mobilitas Berkelanjutan untuk Semua".

Hingga pada tanggal 12 April 2018, PBB akhirnya menetapkan 3 Juni sebagai Hari Sepeda Sedunia atas kesepakatan surat resmi oleh 193 negara anggota Majelis Umum PBB.

Manfaat Bersepeda

Selain mengetahui sejarah Hari Sepeda Sedunia, masyarakat juga perlu tahu manfaat bersepeda. Berikut di antaranya:

1. Meningkatkan mood dan mengurangi stres

Sebuah penelitian di Kanada menunjukkan bahwa bersepeda ke tempat kerja adalah cara yang efektif untuk mendapatkan mood terbaik. Karyawan yang bersepeda teramati punya level stres yang lebih rendah dibanding mereka yang mengendarai mobil.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Penelitian terbaru di Inggris menyebut bahwa olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging dan bersepeda bisa memangkas risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Mereka yang rutin bersepeda menuju tempat kerja memiliki risiko penyakit kardiovaskular 11 persen lebih rendah. Bahkan yang hanya sesekali bersepeda, risiko kematian dini berkurang hingga 8 persen.

3. Menangkal diabetes

Sebagaimana penyakit kardiovaskular, diabetes juga bisa dicegah dengan gaya hidup aktif dan bugar. Penelitian di University of Southern Denmark menyebut risiko terkena diabetes lebih rendah pada orang-orang yang rutin bersepeda. Makin rajin bersepeda, makin rendah risiko terkena penyakit tersebut.

4. Memangkas berat badan

Bersepeda termasuk salah satu olahraga yang efektif memangkas berat badan. Sebuah penelitian di Inggris yang melibatkan 150.000 partisipan mengkonfirmasi bahwa pengendara sepeda punya indeks massa tubuh yang lebih ideal dibanding mereka yang bepergian dengan kendaraan bermotor.

Twibbon Hari Sepeda Sedunia 2022

Agar lebih seru dalam merayakan Hari Sepeda Sedunia 2022, yuk! Pasang aneka twibbon lucu ini di media sosial. Nggak perlu khawatir, link twibbon bisa diunduh secara gratis kok.

  1. Hari Sepeda Sedunia 2022
  2. Hari Sepeda Sedunia 2022
  3. Hari Sepeda Sedunia 2022
  4. Hari Sepeda Sedunia 2022
  5. Hari Sepeda Sedunia 2022
  6. Hari Sepeda Sedunia 2022
  7. Hari Sepeda Sedunia 2022
  8. Hari Sepeda Sedunia 2022
  9. Hari Sepeda Sedunia 2022
  10. Hari Sepeda Sedunia 2022


Simak Video "Pesepeda Indonesia Kian Banyak, Gimana Fasilitas Umum Pendukungnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)