Kamis, 23 Jun 2022 17:15 WIB

Pengin Ikut Coba 'Handstand' Seperti Fuji? Ini Catatan Praktisi Yoga

Vidya Pinandhita - detikHealth
Fuji handstand Tren Tiktok handstand ala yoga, salah satunya dilakukan oleh Fuji adik ipar mendiang Vanessa Angel. Foto: TikTok @fujiiian
Jakarta -

Warga Tiktok kini berbondong-bondong mencoba gerakan 'handstand' ala yoga. Salah satunya, dilakukan oleh Fuji, adik ipar mendiang Vanessa Angel. Video tersebut telah ditonton hampir 40 juta pengguna dan menuai banyak respons takjub warganet.

"Salah dikit, maklum udah setahun full nggak pernah olahraga," tulis Fuji pada caption videonya.

Dalam gerakan tren tersebut, orang-orang berdiri menghadap dinding sembari salah satu kaki diangkat bersandar pada dinding. Kemudian tubuh diputar, dan kedua telapak tangan diletakkan pada lantai sehingga tubuh bertumpu pada tangan layaknya posisi 'handstand'. Gerakan tersebut marak diunggah warga Tiktok dengan tagar #yoga pada caption-nya.

Mindfulness meditation practitioner, Edwin Tan atau yang biasa dikenal sebagai Buah Meditasi, menjelaskan pada dasarnya, yoga bukan hanya tentang gerakan. Di dalamnya juga terdapat latihan napas dan meditasi. Dalam yoga, gerakan tren tersebut tergolong susah sehingga dalam yoga masuk level 'intermediate to advance'. Walhasil, gerakan tersebut seharusnya dilakukan di bawah pendampingan instruktur berpengalaman.

"Seperti latihan fitness atau olahraga lainnya, jadi kalau tidak ada pemanasan atau tidak didampingi instruktur yang sudah tersertifikasi memang ada risiko. Apalagi tidak semua orang mempunyai kesadaran akan tubuh sendiri. Basically kalau saya rekomendasi sih karena ini gerakannya intermediate sampai advance, jadi mungkin pemanasan dulu atau mungkin didampingi dulu dengan guru yoga di sekitarnya," ujarnya pada detikcom, Kamis (23/6/2022).

Jika Dilakukan Awam, Apa Risikonya?

Edwin menjelaskan, di dalam gerakan tersebut terdapat handstand yang memang ada di dalam yoga. Namun, posisi tersebut sebenarnya tidak mudah sehingga membutuhkan proses latihan.

"Sebenarnya kalau aku lihat gerakan itu menuju ke arah handstand. Jadi handstand itu kan lumayan susah prosesnya. Jadi untuk orang bisa handstand, bisa lama sekali baru bisa handstand. Ini persiapannya memakai tembok, jadi lebih aman," terangnya.

Di dalam video tersebut juga terdapat gerakan memutar tubuh atau yang Edwin sebut sebagai 'Hip Rotation'. Gerakan inilah yang berisiko memicu cedera pada pinggul jika dilakukan dalam kondisi pinggul belum panas.

"Ada 'hip rotation' jadi perputaran hip dari kakinya ke tembok lalu diputar. Buat orang yang belum fleksibel hip-nya kan pasti susah. Saat melakukan, ada kemungkinan belum panas hip-nya atau belum terbuka, jadinya cedera," terang Edwin.

"Kedua pada saat dia menaikkan kaki kan itu ke arah handstand ya, tapi dengan supported wall. Tapi kalau orangnya belum kuat shoulder (atau) bahunya, itu ada kemungkinan bisa tenaganya malah lari ke pergelangan tangan. Jadi mungkin cedera pergelangan tangan, atau cedera bahu," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Viral Konten TikTok Dokter soal Pasien Minta Aborsi yang Dinilai Julid"
[Gambas:Video 20detik]