ADVERTISEMENT

Minggu, 10 Jul 2022 05:27 WIB

Benarkah Olahraga Bisa Bikin Jantung Kolaps? Begini Kata Dokter

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Fitness girl running on treadmill. Woman with muscular legs in gym Olahraga bikin jantung kolaps? (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Olahraga merupakan aktivitas yang dapat membuat tubuh menjadi bugar dan sehat. Namun, olahraga yang berlebih hingga kelelahan justru bisa membuat kesehatan tubuh menjadi terganggu, salah satunya organ jantung.

Dokter ahli bedah jantung dari Siloam Hospitals Jantung Diagram Cinere, dr Heston G B Napitupulu, Sp.BTKV(K)-D, menjelaskan bahwa olahraga yang membuat seseorang merasa kelelahan atau kecapekan bisa membuat jantung kolaps.

"Kalau dia kecapekan, iya itu bisa membuat jantung kolaps," tuturnya saat ditemui detikcom di Jakarta Pusat, Jumat (8/7/2022).

Namun, jika olahraga yang dilakukan tidak berlebihan dan terukur justru bisa melatih fungsi jantung agar bekerja dengan baik. Oleh karena itu, penting juga melakukan pemeriksaan kesehatan jantung secara berkala untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti serangan jantung saat sedang berolahraga.

"Tapi olahraga (yang tidak berlebih) tidak membuat jantung kolaps, justru olahraga itu melatih jantung agar bisa bekerja dengan baik," lanjutnya.



Simak Video "Tips dari Amel Carla Agar Bisa Rajin Olahraga "
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT