ADVERTISEMENT

Selasa, 12 Jul 2022 19:08 WIB

Transformasi Hendri Pardede, Awalnya Obesitas-Diabetes Kini Pelatih Atletik

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Komitmen Hendri Pardede memilih gaya hidup sehat patut diacungi jempol. Usia bukan alasan baginya untuk merubah gaya hidupnya hingga finish Boston Marathon. Coach Hendri Pardede (Foto: A.Prasetia/detikcom)

3. Olahraga

Coach Hendri rutin melakukan olahraga lari semenjak memasuki usia 40 tahun. Tak hanya lari, ia juga melakukan strength training yang dilakukan tanpa perlu nge-gym. Menurutnya cara ini sederhana dan bisa dilakukan setiap orang.

"Olahraga saya ya tentu saja cardionya adalah lari, tak hanya lari yang kedua saya strength training. Jadi saya nggak pernah nge-gym, nggak pernah angkat barbel sebagainya," bebernya.

"Saya lakukan weight training yaitu saya menggunakan beban badan saya sendiri sebagai latihan. Kombinasi kardio lari dan strength training ini yang saya lakukan hingga tubuh saya seperti sekarang," lanjutnya.

4. Pola Makan Sehat

Untuk menu makan diet, Coach Hendri hingga sekarang terus menjaga pola makannya dengan konsisten. Ia rajin mengkonsumsi makanan yang direbus, dikukus, ditumis, dan sesekali dipanggang.

Sementara itu, ia menekankan konsumsi seimbang antara makro nutrisi dan mikro nutrisi dalam tubuh. Ia percaya pola makan ini yang menjaga tubuhnya bugar sampai sekarang.

"Kalo saya, makanan nggak ada makanan khusus banget tapi saya perhatikan konsumsi antara makro nutrisi dan mikro nutrisi itu seimbang. Jadi makro nutrisi itu terdiri dari makanan yang berkarbohidrat kompleks, protein, dan lemak baik. Mikro nutrisi bisa dipenuhi dengan vitamin dan mineral, makannya nanti tidak ada malnutrisi," jelasnya.

"Jadi kalau makan jangan patokannya kenyang, makan apa saja juga kenyang tapi nutrisi kita cukup nggak? jadi seimbang antara makro nutrisi dan mikro nutrisi," pungkasnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Cegah Obesitas Anak, Dokter Spesialis Sarankan Ini"
[Gambas:Video 20detik]

(mfn/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT