Kerap Dilakukan Pelari Pemula, Salah Kaprah Ini Merusak Manfaat Olahraga

ADVERTISEMENT

Kerap Dilakukan Pelari Pemula, Salah Kaprah Ini Merusak Manfaat Olahraga

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Rabu, 13 Jul 2022 06:30 WIB
Tired female runner walking.She is exhausted of running.
Salah kaprah pelari pemula (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Olahraga seharusnya menyehatkan, tapi tak jarang malah jadi penyakit karena kesalahan sepele. Coach Hendri menjelaskan salah kaprah yang kerap dialami pelari pemula.

Hendri Pardede merupakan nama yang tidak asing dalam dunia olahraga lari, terutama lari maraton. Pria berusia 50 tahun ini merupakan salah satu pelari dalam negeri yang pernah finish dalam gelaran Boston Marathon.

Hendri di usianya yang tak lagi muda, berhasil menamatkan berbagai perlombaan maraton 42,2 kilometer. Coach Hendri, sapaan akrabnya, berbagi menyatakan banyak pelari pemula atau pelari umum salah kaprah ketika ingin memulai olahraga lari.

Menurutnya, kesalahan pertama yang paling sering dilakukan oleh pelari pemula adalah pola latihan yang tidak terstruktur.

"Berlari itu membentuk pola ke dalam tubuh, jadi pola ini yang perlu dilatih secara terstruktur. Hindari pola cara latihan acak, nanti akhirnya akan cedera," ucapnya pada wartawan ditemui di XXI Lounge Plaza Senayan, Selasa (12/7/2022).

"Jadi, sebagai pelari rekreasional (umum) contohnya seminggu 3 kali latihan. Tinggal pola latihan disesuaikan tiap pelari," sambungnya.

Coach Hendri juga menyatakan pelari pemula sering melupakan latihan kekuatan tubuh. Mereka lebih fokus pada latihan kaki sedangkan bagian tubuh lain dilupakan.

"Kedua, harus ada kombinasi dengan strength training, karena bukan kaki saja dipakai. Ini akan berpengaruh pada endurance kita saat lari, jadi latih semua," ucapnya.

Terakhir, ia menyatakan bahwa seorang pelari baik pemula ataupun di level atlet tidak boleh melupakan asupan nutrisi yang baik. Menjaga pola makan agar tidak sekedar kenyang, tapi mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

"Bensin kita harus benar, maksudnya pola nutrisi, kalo makanannya masih begitu tau lah ya, karena saya pernah obesitas jadi saya disiplin dengan pola makan. Nutrition is a key," beber Coach Hendri.

"Makan-makanan berkarbohidrat sebelum lari, penuhi carbo load itu akan jadi cadangan energi saat kita lari," pungkasnya.



Simak Video "Tips dari Amel Carla Agar Bisa Rajin Olahraga "
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT