ADVERTISEMENT

Jumat, 22 Jul 2022 06:04 WIB

Remaja Ini Meninggal Dunia, Gara-gara Minum Dingin Usai Basket?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
SALT LAKE CITY, UT - OCTOBER 2: General view of a NBA referee holding a game ball at Vivint Smart Home Arena on October 2, 2017 in Salt Lake City, Utah. NOTE TO USER: User expressly acknowledges and agrees that, by downloading and or using this photograph, User is consenting to the terms and conditions of the Getty Images License Agreement. (Photo by Gene Sweeney Jr./Getty Images) *** Local Caption *** Minum air es sehabis olahraga bisa fatal? Masak sih.. (Foto: Gene Sweeney Jr./Getty Images)
Jakarta -

Seorang remaja berusia 19 tahun meninggal dunia karena minum air dingin setelah melakukan pertandingan basket di Fuzhou, China.

Menurut teman-temannya, remaja yang tidak disebutkan identitasnya itu sudah biasa main basket setiap hari. Namun, karena cuaca yang sangat panas, remaja itu langsung menenggak sebotol air dingin setelah bermain basket.

Namun, nahasnya dalam waktu kurang dari lima menit, remaja itu mulai merasa tidak enak badan. Dikutip dari World of Buzz, dadanya juga terasa sakit.

Melihat kondisinya itu, teman-temannya langsung memanggil ambulans untuk membawanya ke rumah sakit. Sayangnya, remaja laki-laki itu tidak dapat diselamatkan karena mengalami serangan jantung.

Serangan jantung terjadi saat satu atau lebih dari area otak tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Hal ini biasanya terjadi saat aliran darah ke otot jantung tersumbat.

Mengapa Bisa Begitu?

Menurut wakil direktur departemen somnologi Universitas Fujian, Yu Yunying, saat minum air dingin tepat setelah melakukan olahraga ekstrem, air tersebut dapat mengejutkan organ dan tidak membantu proses pendinginan internal tubuh.

Bukannya menyejukkan badan, air dingin itu akan membekukan aliran darah, menyebabkan penyumbatan yang mengarah ke serangan jantung.

Tapi benarkah minum air dingin setelah olahraga bisa sefatal itu? Tunggu dulu...

NEXT: Hidrasi tetap yang terpenting

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tips dari Amel Carla Agar Bisa Rajin Olahraga "
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT