ADVERTISEMENT

Kamis, 11 Agu 2022 07:46 WIB

Dari Yoga ke Gaya Bercinta, Posisi Lotus Itu Apa Sih?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Posisi lotus itu apa? Posisi lotus itu apa? (Foto: Getty Images/FreshSplash)
Jakarta -

Posisi lotus itu apa sih? Kerap disebut saat bicara tentang yoga, tapi sering juga muncul dalam perbincangan tentang variasi posisi bercinta. Apa hubungannya dengan teratai?

Dikutip dari Everyday Yoga, pose atau posisi lotus itu adalah salah satu pose yoga yang paling banyak dikenali dan disebut salah satu pose yoga klasik. Bahkan kerap dilakukan oleh seseorang yang tidak sedang melakukan yoga.

Posisi lotus itu dikenal juga dengan istilah Padmasana, dari kata Padma yang berarti bunga lotus. Beberapa orang menyebutnya teratai. Pada posisi lotus, kaki membentuk formasi petal seperti bunga lotus.

Biasanya digunakan juga untuk meditasi. Berbagai kelas yoga mengawali dan mengakhiri sesi dengan pose ini.

Manfaat posisi lotus

Posisi lotus dikenal memberikan efek menenangkan pikiran, dan berguna untuk mempersiapkan menuju tahapan meditasi dalam. Selain itu, posisi lotus juga membantu meregangkan kaki, pergelangan, pinggang, dan meluruskan tulang belakang.

Pada nyeri menstruasi, posisi ini diyakini bisa meningkatkan sirkulasi di area panggul sehingga bisa mengurangi rasa tidak nyaman di organ reproduksi.

Cara melakukan posisi lotus:

  • Duduk di lantai dengan kaki melebar, tulang belakang lurus, lengan ke samping.
  • Tekuk kaki kanan dan dekatkan ke dada. Bawa pergelangan ke lipatan pinggul kiri sehingga telapak kaki kanan menghadap ke atas.
  • Tekuk kaki kiri, silangkan pergelangan di atas tulang kering kaki kanan. Telapak kaki juga menghadap ke atas.
  • Tarik kedua kaki, dekatkan lalu tekan panggul ke bawah sehingga duduk dengan tegak.
  • Letakkan tangan di lutut dengan telapak menghadap ke atas. Buat lingkaran dengan telunjuk dan ibu jari, dan biarkan jari lain terbuka, atau Gyan Mudra.

Posisi lotus dalam seks itu apa?

Dalam konteks variasi bercinta, posisi lotus itu adalah posisi saling berhadapan dengan kaki dan lengan saling merangkul satu sama lain. Posisi lotus yang seperti dikenal juga dengan posisi yab-yum dalam tantra.

"Ini posisi yang sulit untuk dilakukan, tergantung bentuk, ukuran, perbedaan tinggi badan, dan kapasitas mobilitas tubuh Anda," kata pakar seks dan psikolog Jenn Gunsaullus, dikutip dari Cosmopolitan.

Jika merasa tidak nyaman, disarankan untuk menggunakan bantal di bawah pantat atau lutut.

Jenn mengingatkan, dalam posisi lotus fokus utamanya bukan orgasme melainkan pengalaman penuh gairah dan energi. Cocok untuk membangun keintiman, bukan sekadar menyalurkan libido.

"Ini adalah poosisi yang hebat untuk mempraktikkan saling memandang, menyelaraskan napas, atau ciuman penuh gairah," kata Jenn.



Simak Video "Dokter Ahli Pencernaan Bicara Efek ke Perut saat 'Yoga Alien' Nauli Kriya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT