ADVERTISEMENT

Jumat, 12 Agu 2022 12:00 WIB

Posisi Lotus Itu Apa Sih? Gaya Bercinta yang Katanya Nikmat Sampai Ulu Hati

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Posisi lotus itu apa? Posisi lotus itu apa? (Foto: Getty Images/FreshSplash)
Jakarta -

Posisi lotus itu apa sih? Pasalnya, baru-baru ini gaya bercinta tersebut viral di TikTok karena disebut sebagai solusi bagi pasangan suami istri yang ingin bercinta tanpa banyak mengeluarkan suara.

Bahkan posisi lotus ini disebut nikmat 'sampai ulu hati' karena dapat membuat pasangan bersentuhan fisik di banyak bagian tubuh secara bersamaan. Berikut ini fakta-fakta posisi lotus.

Posisi Lotus Itu Apa?

Praktisi kesehatan seksual dan pengamat keharmonisan rumah tangga, dr Boyke Dian Nugraha menjelaskan, posisi lotus memang ada dalam buku kamasutra atau 'The Perfumed Garden'. Disebut lotus karena posisi ini menyerupai bunga lotus yang bermekaran.

"Pada posisi lotus dua-duanya berhadapan. Orang yang melakukan berhadap-hadapan mata ketemu mata, jadi ada yang namanya 'body language'. Jadi tentu lebih enak," papar dr Boyke, ditemui dalam sebuah diskusi di Jakarta Selatan, Kamis (11/8/2022).

Bukan tanpa alasan posisi lotus disebut enak. Menurut dr Boyke, bercinta dengan posisi ini membuat pasangan dapat efektif menyentuh beberapa titik sensitif pada pria maupun wanita.

Dikenal Sebagai Gerakan Yoga

Selain posisi bercinta, lotus juga dikenal sebagai gerakan yoga yang disebut Padmasana, mengandung kata Padma atau lotus. Posisi ini biasanya dilakukan untuk meditasi. Meski begitu, posisi lotus dalam yoga dan meditasi artinya duduk bersila dengan teknik tertentu yang juga menyerupai lotus atau disebut bunga teratai oleh beberapa orang.

Manfaat Posisi Lotus dalam Yoga

Selain untuk meditasi, posisi ini juga memberikan manfaat untuk meregangkan otot kaki dan pinggang, serta meluruskan tulang belakang.

Beberapa orang juga meyakini bahwa posisi lotus dalam yoga dapat mengurangi nyeri menstruasi.

Cara Posisi Lotus dalam Yoga

Bagi masyarakat yang ingin mencoba posisi lotus dalam yoga, bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Duduk di lantai dengan kaki melebar, tulang belakang lurus, lengan ke samping.
  • Tekuk kaki kanan dan dekatkan ke dada. Bawa pergelangan ke lipatan pinggul kiri sehingga telapak kaki kanan menghadap ke atas.
  • Tekuk kaki kiri, silangkan pergelangan di atas tulang kering kaki kanan. Telapak kaki juga menghadap ke atas.
  • Tarik kedua kaki, dekatkan lalu tekan panggul ke bawah sehingga duduk dengan tegak.
  • Letakkan tangan di lutut dengan telapak menghadap ke atas. Buat lingkaran dengan telunjuk dan ibu jari, dan biarkan jari lain terbuka, atau Gyan Mudra.

Selain Lotus, 2 Posisi Ini Tak Kalah Nikmatnya

Tak cuma posisi lotus yang nikmat untuk berhubungan intim, dr Boyke menyatakan masih ada beberapa variasi posisi seks lain yang dapat membuat sesi bercinta makin menggairahkan dan maksimal:

Cinderella Menunggang Kuda

dr Boyke menyebut posisi 'Cinderella Menunggang Kuda' merupakan posisi saat wanita berada di atas pria dan dapat mendominasi ritme seks yang dilakukan. Posisi ini membuat wanita memiliki kesempatan untuk merangsang titik g-spot dengan maksimal. Posisi ini, pada istilah umum, mirip dengan posisi woman on top.

"Kedua, posisi yang disebut dengan 'Cinderella Menunggang Kuda'. Jadi si laki-lakinya di sini (di bawah), si wanitanya. Si wanita bisa mencari-cari titik g-spotnya, kena ke penisnya pria. Itu yang mana jadi wanita bisa teriak-teriak karena dia sendiri yang mengatur," tuturnya.

Penetrasi dari Belakang

Posisi penetrasi dari belakang atau lebih umum dikenal dengan 'doggy style' membuat pria ejakulasi lebih lama. dr Boyke menambahkan, pada posisi ini wanita dapat menerima rangsangan maksimal di payudaranya karena bisa leluasa dirangsang oleh pasangan.

"Yang ketiga, posisi dari belakang juga enak. Si pria biasanya nggak lebih cepat keluar, nggak lebih cepat ejakulasi. Pada posisi begini lebih enak dan ketika dia dari posisi belakang, dia bisa memegang payudara dengan full, dia bisa menariknya, dan mengatur gerakan-gerakannya turun-naik dan si wanita bisa merasakannya," pungkasnya.

Saksikan juga Sosok Minggu ini: 3 Medali dari Udin Si Tukang Bubur

[Gambas:Video 20detik]



(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT