Ngegas Lagi Setelah Lama Absen Lari, Hati-Hati Kena Meniskus!

ADVERTISEMENT

Ngegas Lagi Setelah Lama Absen Lari, Hati-Hati Kena Meniskus!

Irene Putri Wibowo - detikHealth
Minggu, 21 Agu 2022 08:01 WIB
Zee Zee Shahab
Zee Zee Shahab membagikan tips mencegah meniskus imbas olahraga tidak konsisten. Foto: Zee Zee Shahab (Vey/detikHOT)
Jakarta -

Euforia untuk kembali berolahraga mulai ngegas di masyarakat. Salah satunya dialami seorang model sekaligus aktris Indonesia keturunan Arab dan Betawi, Zee Zee Shahab, yang belakangan terjun ke olahraga lari marathon.

Didukung redanya pandemi COVID-19, banyak orang mulai peduli perihal pentingnya kesehatan sembari giat melatih fisik. Salah satu hal yang dapat terjadi akibat lama tidak berolahraga dan kemudian memulai aktivitas olahraga kembali, adalah cedera meniskus atau cedera tulang rawan lutut.

Apa itu cedera meniskus?

Meniskus adalah cedera yang terjadi pada bagian lutut, sehingga menyebabkan aktivitas sehari-hari terganggu. Tidak konsisten melakukan olahraga juga salah satu penyebab dari cedera meniskus.

"Dulu aku nggak konsisten buat olahraga, apalagi lari. Waktu awal lari aku salah pilih sepatu, terus nggak cocok sama pola kaki aku. Akhirnya dua bulan aku terkena meniskus," ujar Zee Zee Shahab pada detikcom, Jumat (19/8/2022).

"Waktu kena meniskus, aku nggak bisa lari dan kemudian di-treatment serta difisioterapi. Harus off lari dan bolehnya jalan aja. Terus harus ikut fisioterapi doang, tapi setelah di-maintain lama-lama akhirnya sembuh," tambahnya.

Zee Zee Shahab juga membagikan tips agar tidak mengalami hal serupa, bagi para beginners yang ingin memulai olahraga lari.

  • Banyak-banyak meliterasi diri sebelum memulai olahraga
  • Banyak tanya ke orang yang sudah berpengalaman
  • Sering-sering kumpul dan ikut komunitas, supaya bisa olahrga bersama dan mendapat pengetahuan baru


Simak Video "Tips dari Amel Carla Agar Bisa Rajin Olahraga "
[Gambas:Video 20detik]
(Irene Putri Wibowo/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT