Rahasia Bugar Eliud Kipchoge, Pencetak Rekor Dunia di Berlin Marathon 2022

ADVERTISEMENT

Rahasia Bugar Eliud Kipchoge, Pencetak Rekor Dunia di Berlin Marathon 2022

Nurul Febian Danari - detikHealth
Minggu, 25 Sep 2022 19:30 WIB
Athletics - Berlin Marathon - Berlin, Germany - September 16, 2018   Kenyas Eliud Kipchoge celebrates winning the Berlin Marathon and breaking the World Record   REUTERS/Fabrizio Bensch
Eliud Kipchoge. (Foto: Reuters)
Jakarta -

Atlet maraton asal Kenya, Eliud Kipchoge, kembali menjadi pelari tercepat dalam sejarah, Minggu (25/9/2022). Ia memecahkan rekor dunia lari maraton atas namanya sendiri di Berlin Marathon 2022 dengan catatan waktu 2 jam, 1 menit, 9 detik, atau sektiar 30 detik dari rekor yang dicetaknya sendiri pada 2018 di rute yang sama.

Kok bisa sih sebugar itu?

Dikutip dari outsideonline, atlet berusia 37 tahun ini melakukan rutinitas yang selalu sama sebelum pertandingan. Selama empat bulan sebelumnya, ia akan melakukan sedikit variasi latihan yang sama setiap minggunya. Ia memiliki prinsip-prinsip dalam pelatihan yang sukses mengantarkannya pada rekor dunia.

Konsistensi

Saat latihan, Kipchoge tidak menghambur-hamburkan tenaga dan kemampuannya. Artinya, latihannya selalu terkontrol dan selalu ada yang disimpan untuk latihan berikutnya, sehingga bisa konsisten dan bisa mencapai volume latihan yang diharapkan.

"Saya berusaha untuk tidak lari 100 persen. Saya keluarkan performa 80 persen di Selasa, Kamis, dan Sabtu, lalu 50 persen di Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu," katanya.

Keseimbangan

Sebagai atlet maraton, Kipchoge tidak menempatkan lari sebagai satu-satunya menu latihan. Tetap butuh variasi agar hasilnya seimbang bagi tubuhnya.

Dua kali seminggu, Kipchige melakukan sesi latihan kekuatan dan mobilitas selama 60 menit menggunakan matras yoga dan resistance band. Latihan ini berfokus pada otot-otot posterior, terutama glutes, paha belakang, dan core.

NEXT: Recovery



Simak Video "Australia Berduka, Angka Kematian Covid-19 Catat Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT