Cedera Engkel Seperti Neymar, Berapa Lama Bisa Pulih?

ADVERTISEMENT

Cedera Engkel Seperti Neymar, Berapa Lama Bisa Pulih?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jumat, 25 Nov 2022 10:58 WIB
Jakarta -

Neymar mengalami cedera pergelangan kaki saat laga Brasil melawan Serbia di babak penyisihan Piala Dunia 2022. Dokter tim Brasil Rodrigo Lasmar mengatakan Neymar terkilir pergelangan kakinya.

"Kami menaruh es di atasnya saat dia di bangku dan kemudian di fisioterapi. Tidak ada tes yang dijadwalkan untuk saat ini tetapi kami akan menjadwalkannya jika diperlukan," kata Lasmar kepada AP News.

Dia juga terlihat menangis saat duduk di bangku kursi cadangan ketika dokter merawat kakinya yang cedera. Saat ke ruang ganti, Neymar juga jalan dengan kaki pincang.

Butuh Waktu Berapa Lama untuk Pulih?

Setelah cedera pergelangan kaki, sebagian besar atlet memiliki pertanyaan yang sama: "Kapan saya bisa kembali bermain?"

Seringkali atlet yang cedera ingin segera kembali ke pertandingan segera setelah rasa sakitnya mereda. Namun, berkurangnya rasa sakit sebenarnya tidak berarti menjamin atlet sudah siap kembali bertanding.

"Ada sejumlah faktor yang menentukan berapa banyak waktu yang Anda perlukan untuk pulih sepenuhnya, termasuk: jenis dan tingkat keparahan cedera Anda (dan bentuk perawatan yang dijalani), kesehatan dan usia Anda, dan yang terpenting, kepatuhan Anda. dengan rekomendasi dokter Anda dan program terapis fisik," kata ahli bedah ortopedi Jeremy T. Smith, MD, di Mass General Brigham Hospital.

Saat cedera terjadi, pesebakbola harus mengistirahatkan pergelangan kakinya setidaknya selama 24-48 jam tanpa beban apa pun. Ini berarti tidak berolahraga setidaknya selama satu hingga dua hari.

Jika mereka merasakan sakit saat pergelangan kaki menahan beban, mereka harus berhenti. Penggunaan kaki terus menerus dapat memperburuk cedera dan menunda penyembuhan.

Waktu yang dihabiskan di pergelangan kaki akan bergantung pada tingkat keparahan keseleo pemain.

(kna/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT