Jangan Asal! Begini Cara Diet yang Tepat agar Otot Tak Ikut Menciut

ADVERTISEMENT

Jangan Asal! Begini Cara Diet yang Tepat agar Otot Tak Ikut Menciut

Jihaan Khoirunnisaa - detikHealth
Sabtu, 03 Des 2022 11:44 WIB
Massa otot
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Diet ketat dianggap bisa menjadi jalan pintas untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Tak heran banyak wanita yang mencoba metode ini dengan mengonsumsi kalori serendah mungkin.

Tapi, menjalani diet yang terlalu ekstrim tidak baik untuk dilakukan dalam jangka waktu panjang. Karena bukan cuma berat badan yang turun, tapi massa otot juga ikut menciut. Apabila tubuh kehilangan massa otot terlalu banyak, maka Anda bisa rentan jatuh dan mengalami cedera. Selain itu, mobilitas juga menjadi terbatas. Karena itu, penting untuk mengetahui cara diet yang tepat jika ingin menurunkan berat badan.

Perlu diketahui, jika berbicara berat badan, maka di dalamnya sudah termasuk massa tulang, otot, lemak, dan air seperti dikutip dari WebMD. Sehingga apabila berat badan turun, tidak serta-merta lemak tubuh yang berkurang. Merangkum berbagai sumber, berikut tips diet yang aman tanpa melenyapkan massa otot berlebihan.

1. Rutin Olahraga Angkat Beban

Olahraga disebut sebagai salah satu cara ampuh untuk membakar lemak. Tapi agar otot juga ikut tumbuh, ada baiknya mencoba olahraga angkat beban. Bagi pemula tidak perlu langsung buru-buru ingin mengangkat beban yang berat. Cukup mulai dari beban yang paling ringan. Lakukan konsisten dengan berat yang sama, sampai tubuh bertambah kuat. Barulah nanti kamu bisa meningkatkan beban secara perlahan.

2. Cukup Tidur dan Istirahat

Jangan karena terobsesi ingin cepat langsing, kamu malah olahraga terus-terusan tanpa jeda. Ingat, tubuh perlu istirahat untuk memulihkan energi sekaligus memperbaiki jaringan otot agar bisa tumbuh. Jadi pastikan waktu istirahatmu cukup.

Pastikan juga kamu tidak kurang tidur di malam hari. Karena kurang tidur justru bisa merangsang rasa lapar, yang membuat kamu ingin makan lebih banyak.

3. Perhatikan Asupan Kalori

Apabila ingin menurunkan berat badan, tentu kamu harus memperhatikan asupan kalori. Usahakan agar kamu berada dalam kondisi kalori defisit. Artinya, kalori masuk lebih sedikit dari kalori yang terbakar. Tapi perlu diperhatikan jangan sampai kalori yang masuk ke tubuh terlalu rendah. Jika tidak, maka bukan hanya lemak yang terbakar, tapi juga bisa meningkatkan potensi hilangnya kekuatan tulang dan otot.

4. Penuhi Kebutuhan Protein

Selain tiga hal di atas, penting juga bagi Anda memperhatikan konsumsi protein. Terutama jika ingin mempertahankan massa otot. Sebab protein menjadi salah satu komponen vital yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan dalam tubuh. Melansir laman Very Well Fit, per hari orang dewasa membutuhkan setidaknya 0,8-1,2 gram per kilogram berat badan.

Untuk melengkapi kebutuhan protein harian juga bisa melalui susu dan produk olahannya. Salah satunya ENSURE Gold. Susu ENSURE menjadi satu-satunya nutrisi dewasa di Indonesia yang diperkaya kandungan HMB (hidroksi metil butirat - metabolit asam amono leucin) dan triple protein, yakni whey, kasein dan soya. Kandungan ini terbukti efektif menjaga kesehatan massa otot.

ENSURE Gold juga Tinggi Kalsium & Tinggi Vitamin D yang membantu mempertahankan kepadatan tulang. Selain itu juga ada kandungan 100% lemak nabati yang kaya akan omega 3 & 6 penting untuk fungsi jantung dan 13 vitamin & 9 mineral untuk daya tahan tubuh.

Tersedia dalam 3 varian rasa lezat (vanilla, cokelat, dan gandum), yuk, mulai dari sekarang, minum ENSURE Gold 2 kali sehari untuk hidup makin berkualitas! Informasi seputar gaya hidup sehat, bisa kunjungi laman ensure.co.id.



Simak Video "Punya Resolusi Diet di Tahun 2023? Simak Tips Suksesnya"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT