detikhealth

Bibir Sehat Natural

Ada Bercak Hitam di Bibir? Hati-hati, Bisa Jadi Gejala Penyakit

Sharon Natalia - detikHealth
Rabu, 23/12/2015 16:58 WIB
Ada Bercak Hitam di Bibir? Hati-hati, Bisa Jadi Gejala PenyakitFoto: Thinkstock
Jakarta, Bercak-bercak hitam dan kecokelatan di bibir seperti tahi lalat membuat bibir terkesan tidak sehat. Ada yang mengatakan hal ini terjadi karena terlalu sering menggunakan lipstik. Benarkah?

dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK dari D&I Skin Centre Denpasar mengatakan bercak kehitaman atau kecokelatan di bibir bukan karena terlalu sering atau terlalu awal menggunakan listrik. Ia mengatakan bisa jadi gejala penyakit sindrom peutz-jeghers.

"Bercak kehitaman memang bisa juga terjadi pada penyakit-penyakit tertentu. Seperti sindrom peutz-jeghers.," tutur pria yang akrab disapa dr Darma ini kepada detikHealth, seperti ditulis Rabu (23/12/2015).

Baca juga: Benarkah Madu Aman dan Efektif untuk Melembapkan Bibir?

Sindrom peutz-jeghers merupakan penyakit yang tergolong langka. Penyakit ini menyerang sistem pencernaan manusia, dan bisa jadi merupakan gejala kanker usus. Penyakit ini menyebabkan munculnya polip di usus kecil, usus besar dan juga lambung.

Dijelaskan dr Darma, salah satu gejala sindrom peutz-jeghers adalah munculnya bercak kehitaman atau kecokelatan di daerah bibir, hidung dan mata. Gejala lain yang menyertai adalah nyeri perut dan pendarahan saat buang air besar.

Jika bercak kehitaman dan kecokelatan di bibir tak disertai gejala-gejala di atas, dr Darma mengatakan tidak perlu khawatir. Kemungkinan besar bercak tersebut muncul akibat alergi pada lipstik yang dipakai.

"Kalau memang memiliki alergi terhadap salah satu bahan yang terkandung pada lipstik, pemakaian yang hanya beberapa detik juga udah bisa merangsang timbulnya reaksi alergi, seperti kemerahan, gatal. Reaksi ini dapat tetap berlanjut walaupun lipstiknya sudah dibersihkan," ungkap dr Darma.

"Jadi bercak hitam tidak berkaitan dengan lama waktu pemakaian lipstik, namun lebih karena alergi seperti tadi dijelaskan," tambah pria yang sedang menjalani studi S3 di Universitas Airlangga Surabaya ini.

Baca juga: Hindari Bibir Alergi, Adakah 'Aturan' Khusus Memakai Lipstik?

(mrs/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit