detikhealth

Artikel 18+

Benarkah Pria Lebih Banyak Memikirkan Seks?

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Sabtu, 25/06/2016 15:12 WIB
Benarkah Pria Lebih Banyak Memikirkan Seks?Foto: thinkstock
Jakarta, Konon pria sering sekali memikirkan hal-hal berbau erotis. Tetapi seberapa sering frekuensinya? Tak banyak yang tahu. Ada yang mengatakan pria memikirkan seks tiap tujuh detik, benarkah itu?

Bila benar pria memikirkan seks tiap tujuh detik sekali, ini tentu sulit dipercaya. Namun faktanya memang tidak ada riset yang benar-benar membuktikan hal ini. Bahkan mungkin sebenarnya terjadi kesalahpahaman yang fatal.

Fakta ini didasarkan pada hasil pengamatan Kinsey Institute, Indiana University, Bloomington. Untuk studi ini, mereka menemukan 54 persen pria mengaku memikirkan seks beberapa kali dalam sehari.

Kemudian diikuti oleh 43 persen responden pria yang mengaku memikirkan seks beberapa kali dalam sepekan atau hanya beberapa kali dalam sebulan. Bahkan 4 persen mengatakan mereka hanya memikirkan seks tak lebih dari satu kali dalam sebulan.

Sedangkan pada wanita, hanya 19 persen yang mengaku memikirkan seks setiap hari atau beberapa kali sehari. 67 Persen lainnya menjawab beberapa kali dalam sepekan atau beberapa kali dalam sebulan. 14 Persen mengatakan kurang dari sekali dalam sebulan.

Perlu dicatat bahwa riset ini melibatkan responden pria dan wanita dari segala usia, dan hasil pengamatan mereka tidak begitu mendetail sampai tiap berapa menit atau detik sekali, jadi anggapan bahwa pria memikirkan seks hingga tujuh detik sekali tentu berlebihan, bukan?

Baca juga: Selalu Bergairah Tanda Fungsi Seksual yang Sehat? Belum Tentu

Karena riset tersebut dianggap tidak valid, peneliti dari Ohio State University melakukan penelitian serupa namun dengan menggunakan pendekatan yang berbeda. Caranya, mereka meminta sekelompok partisipan berumur 18-25 tahun untuk mencatat apa saja yang mereka pikirkan dalam kurun waktu tertentu, utamanya terkait seks, makanan dan tidur.

Hasilnya, rata-rata pria mengaku memikirkan hal-hal berbau seks 19 kali dalam sehari, atau satu kali tiap 1,26 jam. Dan bila dibandingkan dengan hal lain, seks berada di urutan teratas, sebab mereka memikirkan makanan rata-rata 18 kali dalam sehari dan tidur 11 kali sehari.

Sebaliknya ini tidak terlihat pada wanita, karena di daftar teratas adalah makanan yaitu 15 kali, baru seks 10 kali sehari dan tidur 8,5 kali sehari. Demikian seperti dilaporkan Foxnews.

Baca juga: Jaga Isi Kepala! Saat Memikirkan Seks, Mata Pria Tidak Bisa Bohong

Riset sebelumnya yang dilakukan University College London menemukan alasan mengapa pria lebih banyak memikirkan seks ketimbang wanita, yaitu karena faktor biologis. Rupanya di dalam otak pria terdapat dua sel tambahan yang berfungsi mendorong agar mereka terus mendapatkan seks.

Uniknya, peneliti juga bisa mengatakan bahwa kedua sel tersebut juga mempunyai daya dorong yang kuat sehingga pria lebih memprioritaskan seks ketimbang makanan.

Sayangnya temuan ini hanya didasarkan pada hasil pengamatan terhadap otak cacing jantan jenis C-elegan saja. Tapi peneliti optimistis temuan ini juga dapat diaplikasikan untuk manusia, sebab meskipun kecil, C-elegan mempunyai struktur biologi yang sangat mirip dengan manusia serta sejumlah hewan lainnya.(lll/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit