detikhealth

Pertama di Dunia, Perempuan Ini Jalani Operasi Luka Bakar dengan Kulit Ikan

Firdaus Anwar - detikHealth
Selasa, 20/12/2016 08:31 WIB
Pertama di Dunia, Perempuan Ini Jalani Operasi Luka Bakar dengan Kulit IkanFoto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Sebuah ledakan tabung gas membuat Maria Ines Candido da Silva (36) dari kota Russas, Brazil, alami luka bakar cukup serius. Tangan, leher, dan wajahnya alami luka bakar tingkat dua menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

"Saya benar-benar dalam rasa kesakitan dan putus asa untuk melakukan apa pun untuk meringankan penderitakan saya," kata Maria kepada The Sun dan dikutip Selasa (20/12/2016).

Saat itu kebetulan sebuah studi tengah berjalan untuk mencari pengobatan luka bakar yang murah serta efektif di Dr José Frota Institute Burns Unit. Dokter lalu menawarkan kepada Maria sebuah terapi eksperimen menutup luka bakar dengan kulit ikan tilapia.

Baca juga: Banyak Makan Dapat Bantu Pasien Luka Bakar Parah Cepat Pulih

Tilapia sendiri adalah sebutan umum untuk ratusan ikan air tawar yang berasal dari keluarga Cichlidae. Contoh dari ikan tilapia yang populer di Indonesia seperti ikan mujair atau nila.

Sebelum digunakan tim telah memproses kulit ikan tersebut dengan menghilangkan sisik, jaringan otot, racun, dan hal-hal lainnya yang dapat meningkatkan risiko penyebaran penyakit. Bau amis khas dari ikan juga telah dihilangkan sehingga yang tersisa adalah sebuah lapisan yang dapat digunakan sebagai pengganti plester.

Keunggulan dengan menggunakan kulit ikan adalah selain bisa menutup luka, ia juga cukup fleksibel sehingga memudahkan gerakkan pasien.

Untuk kasus Maria selama 11 hari dokter membiarkan kulit ikan menempel. Lalu setelah itu dengan bantuan pelumas dokter pelan-pelan mengangkatnya.

Ahli bedah plastik dr Edmar Maciel yang terlibat dalam pengembangan terapi mengatakan kulit tilapia dipakai karena mengandung kolagen tipe 1 dan kelembaban yang tinggi. Keduanya merupakan faktor penting dalam pengobatan luka bakar karena bisa memberikan kulit pasien kondisi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk memulihkan diri.

Baca juga: Ini Akibatnya Kalau Luka Bakar Diberi Pasta Gigi atau Mentega


(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit