Robert Koch: Penemu Bakteri TBC

Diet Experience

Ssst! Trik Ini Sukses Bikin Bobot Eka Rini Turun 15 Kg

Eka Rini Meitari - detikHealth
Kamis, 09/03/2017 13:32 WIB
Before
After
Jakarta - Dengan tinggi badan 161 cm dan berat badan 68 kg, Eka Rini Meitari (21) mengaku sempat tidak percaya diri. Semua pakaian yang ia miliki rasanya sudah banyak yang tidak cocok dipakai lagi. Ia pun bertekad untuk berubah.

Eka mencari-cari informasi mengenai pola hidup sehat untuk menurunkan berat badan. Sampai akhirnya ia membuat sendiri 'jurnal diet' miliknya, yang kemudian berhasil membuat berat badannya turun dari 68 kg menjadi 53 kg dalam waktu 8 bulan. Berikut kisah dietnya, seperti ditulis detikHealth pada Kamis (9/3/2017):

Halo semua, perkenalkan saya Eka Rini yang sudah berhasil menurunkan berat badan dengan pola hidup sehat. Saya ingin menceritakan dan berbagi pengalaman diet saya di sini karena banyak teman-teman bahkan orang yang tidak kenal menghubungi saya dari media sosial untuk menanyakan tips diet sehat.

Semua berawal dari Desember 2015 tepat saat saya berusia 19 tahun. Saat itu saya sudah beberapa kali mencoba diet, tapi selalu gagal. Pola makan yang saya coba terapkan mulai dari mengatur apa yang dimakan, mengatur jam makan dan mengurangi porsi makan. Banyak yang berhasil, tapi setelah itu efeknya kok tidak bertahan lama.

Saya merasa saat itu sudah terlalu gemuk dan semakin krisis percaya diri. Pakaian saya juga mulai terasa kurang cocok di badan. Saya pun bertekad meyakinkan diri untuk mengubah pola hidup sehat dan mengharapkan berat badan bisa turun.

Saya pun memulainya pada Januari 2016 dengan membuat 'Jurnal Diet', yang berisi jadwal makan teratur saya tanpa camilan seperti baisa. Saat itu berat badan saya berhasil turun 5 kg. Tapi karena kurang terlihat, saya mencoba mengaturnya kembali sekaligus dengan jadwal olahraga.

Salah satu kunci diet saya adalah tidak memakan makanan yang diolah dengan digoreng. Berikut jadwal makan saya:
- Pagi (pukul 07.00) : 4 sendok oatmeal + madu
- Siang (pukul 12.00) : Nasi 5 sendok + lauk + sayur
- Malam (pukul 19.00) : 4 sendok oatmeal + madu
- Camilan : Buah/sayur/biskuit gandum
- Minuman : Air mineral/teh tanpa gula

Untuk olahraga, di pagi atau sore hari saya biasanya memilih untuk lari, yoga atau latihan lainnya. Setelah menerapkan pola seperti ini saya berhasil menurunkan berat badan menjadi 53 kg. Sampai saat ini saya pun masih menerapkan pola hidup sehat dan masih menyempatkan diri untuk berolahraga.

Dengan menerapkan pola hidup seperti saat ini saya bisa mendonorkan darah 4 bulan sekali, serta rutin medical check up. Kondisi tubuh saya terasa bugar, saya juga tidak mengalami krisis kepercayaan diri lagi. Jangan pernah putus asa dan mengharapkan proses yang singkat untuk hasil yang maksimal. Jika sempat gagal harus kembali lagi mencoba. Pesan saya, jangan lupa buat jurnal diet untuk menghindari kegagalan. Semangat untuk semua yang ingin mencoba menerapkan pola hidup sehat!

Baca juga: Jadi Gemuk Pasca Melahirkan, Begini Trik Litani Turunkan Bobot 25 Kg



(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit