Robert Koch: Penemu Bakteri TBC

Kata Pakar Soal Obat Herbal Bagi Kesehatan Ginjal

Suherni Sulaeman - detikHealth
Senin, 13/03/2017 17:34 WIB
Kata Pakar Soal Obat Herbal Bagi Kesehatan GinjalFoto: Thinkstock
Jakarta, Melihat kenyataan saat ini, banyak beredar resep tradisional yang disebut bisa membantu memelihara kesehatan ginjal. Tak sedikit juga masyarakat yang mempercayai khasiat herbal tersebut hingga akhirnya mengonsumsinya secara rutin.

Menurut dr Akbari Wahyudi Kusumah., SpU dari RS Mayapada Lebak Bulus, apabila ginjal sudah dalam kondisi yang baik, maka tidak perlu lagi diberikan obat herbal atau obat tambahan lainnya. Sebab hal ini akan membuat kerja ginjal semakin keras.

Baca juga: Air Kencing Seperti Teh dan Berbusa, Tanda Ginjal Bermasalah?

"Karena obat herbal itu sendiri bisa jadi malah membebani ginjalnya, karena dia harus dibuang melalui ginjal itu," ujar dr Akbari dalam live chat yang digelar beberapa waktu lalu.

Apalagi bila obat herbal ini sengaja dikonsumsi untuk tujuan memperbaiki fungsi ginjal yang sedang bermasalah. Berkaitan dengan hal ini, disampaikan oleh dr Tunggul D. Situmorang, SpPD-KGH, bahwa belum ada studi yang membuktikan bahwa obat herbal bisa memperbaiki ginjal. Maka itu, masyarakat diminta untuk lebih berhati-hati, sebab belum diketahui efek samping dari obat herbal tersebut.

Dengan demikian, dr Tunggul menyarankan agar masyarakat tidak sampai salah informasi mengenai hal ini. Untuk mengobati, masyarakat pun lebih disarankan mengonsumsi obat medis yang sudah dipercaya secara klinis.

"Bila dibandingkan dengan herbal, obat medis itu sudah pasti diteliti secara sahih, ilmiah, dan bisa dipertanggungjawabkan," imbuhnya.

Baca juga: Saran Dokter Bagi si Penggemar Kopi Agar Ginjal Tetap Sehat

Nah, oleh sebab itu, sederhananya agar ginjal senantiasa berfungsi dengan baik, dr Akbari berpesan untuk menjaga pola hidup sehat dengan mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter perhari dan makan buah serta sayuran.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit