detikhealth

'Kunci' Ini Penting Anda Miliki Jika Ingin Punya Pola Makan Sehat

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Selasa, 14/03/2017 16:33 WIB
Kunci Ini Penting Anda Miliki Jika Ingin Punya Pola Makan SehatFoto: iStock
Jakarta, Menerapkan pola makan yang sehat sebagai bagian gaya hidup sehat pasti punya beragam manfaat untuk kesehatan. Nah, jika Anda hendak menerapkan pola makan yang sehat, ada beberapa 'kunci' yang mesti dimiliki. Apa saja?

"Kunci untuk memulai konsumsi makanan sehat yang pertama adalah pemahaman tentang kualitas makanan lebih penting dari kuantitas," kata Ahli Nutrisi Lagizi Indonesia, Jansen Ongko, MSc, RD.

Menurut Jansen, Anda harus mengetahui apa yang diperlukan oleh tubuh, lalu sesuaikan dengan pola makan. Dengan begitu, gaya hidup sehat dapat diterapkan secara efektif. Menurut Jansen, karbohidrat yang baik dapat memberi energi yang diperlukan untuk aktivitas sehari-hari. Sementara, asupan kaya protein dan serat dapat membantu pertumbuhan otot dan pencernaan.

Meningkatkan konsumsi buah dan sayur yang berwarna-warni juga sangat dianjurkan, mengingat buah dan sayur banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Tak hanya kualitas makanan yang diasup, Jansen mengingatkan bahwa cara mengolah makanan juga dapat memengaruhi nutrisi dan kualitas makanan.

"Dengan bekal pengetahuan tentang nutrisi yang baik dan didukung dengan solusi dan peralatan yang tepat, setiap keluarga di Indonesia dapat menjalani hidup yang lebih sehat dengan membuat makanan atau menyusun menu sehari-hari untuk keluarga," kata Jansen.

Bicara soal porsi makanan, menurut Jansen jumlah porsi makanan setiap orang berbeda-beda, tergantung beberapa faktor. Di antaranya jenis kelamin, usia, aktivitas sehari-hari, kondisi fisiologis khusus misalnya hamil dan menyusui, kemudian apakah orang tersebut dalam keadaaan sehat atau sedang dalam masa penyembuhan.

Saat mengonsumsi makanan, Jansen mengingatkan pentingnya penerapan mindful eating yang disebut lebih penting dari perhitungan kalori yang dikonsumsi. Pasalnya, konsep mindful eating mengajarkan seseorang untuk fokus dan sadar pada saat makan dengan menikmati rasa, aroma, tekstur, dan warna dari makanan. Jansen mengungkapkan metode ini dapat membantu seseorang tidak lagi mengeluhkan apa yang dimakan.

Baca juga: Kamu Perlu Tahu, Ambil Makanan Sendiri Itu Lebih Sehat

Lantas, bagaimana jika anak gemuk dan untuk menurunkan bobotnya si anak diminta berdiet? "Tidak disarankan melakukan diet meskipun anak tergolong gemuk. Untuk mengatasinya adalah dengan menambahkan aktivitas fisik secara rutin," katanya.

Sebab, ketika anak dipaksa berdiet, dapat mengakibatkan permasalahan psikologis seperti eating disorders atau gangguan perilaku konsumsi. Misalnya, takut untuk makan atau justru "balas dendam" dengan makan sebanyak-banyaknya (binge eating) ketika dewasa.

"Kesehatan dan kesejahteraan setiap individu selalu menjadi fokus utama bagi kami dalam mengembangkan setiap inovasi. Dengan adanya kemajuan teknologi, para ibu dan siapapun bisa lebih kreatif menyiapkan makanan sehat di rumah sebagai bekal," ungkap Maria V. Simanjuntak, Senior Marketing Manager, Philips Personal Health Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima detikHealth.

"Melalui kampanye di sosial media kami yang mengusung #BekalSehatKita, kami ingin mendorong setiap orang, khususnya para ibu untuk menyiapkan bekal sehat dengan porsi tepat untuk dibawa ke sekolah ataupun ke kantor. Kami percaya bahwa hidup sehat berawal dari rumah," tambah Maria.

Baca juga: Ini 'Kunci' Agar Anak Punya Pola Makan Sehat Sampai Dewasa

(rdn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit