detikhealth

Makan Sendirian di Rumah BIsa Bantu Turunkan Berat Badan

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Minggu, 26/03/2017 19:12 WIB
Makan Sendirian di Rumah BIsa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: thinkstock
Jakarta, Selain menu apa yang dikonsumsi, untuk urusan berat badan hal lain yang juga memengaruhi adalah di mana dan dengan siapa Anda makan. Ya, pakar menyebutkan untuk membantu menurunkan berat badan Anda dianjurkan untuk makan sendiri.

Ya, penelitian yang baru dipresentasikan dalam konferensi American Heart Association beberapa waktu lalu menunjukkan bahwa kemungkinan Anda untuk keluar dari jalur diet sehat meningkat saat Anda makan bersama teman atau di restoran. Peningkatan tersebut bahkan mencapai 60 persen.

Studi tersebut diikuti oleh 150 responden selama sekitar 12 bulan. Ditemukan bahwa kemungkinan Anda untuk makan berlebihan atau melanggar diet paling banyak terjadi ketika responden makan di luar rumah dan bersama teman-teman. Sebaliknya, angka pelanggaran ini paling sedikit terjadi ketika responden sedang berada di tempat kerja atau di dalam rumah.

Menurut para pakar, kondisi ini diduga terjadi karena saat sedang sendiri Anda memiliki kontrol yang lebih besar atas apa yang Anda makan, terutama di rumah saat Anda memasak sendiri. Sementara saat makan bersama teman di luar rumah, Anda cenderung lebih ingin mencoba-coba makanan atau minuman baru.

Baca juga: Sarapan Smoothie Demi Tubuh Langsing, Sehat Tidak Ya?

Nutrisionis dari Academy of Nutrition and Dietetics, Tamara Melton, RDN, membenarkan bahwa makan dengan orang lain cenderung membuat Anda berisiko lebih gemuk. Ini karena saat makan bersama orang lain, Anda cenderung akan banyak mengobrol. Hal inilah yang membuat Anda tak fokus makan dan lupa seberapa banyak Anda sudah makan.

"Anda juga cenderung akan mengikuti porsi makanan teman Anda. Misalnya Anda sudah kenyang, tapi melihat teman masih makan Anda bisa 'terbawa' dan akan ikutan makan lagi sampai semuanya benar-benar selesai makan," tutur Melton, seperti dikutip dari Huffington Post.

Hal serupa juga disampaikan oleh psikolog dari Southern Illinois University, Mitsuru Shimizu. Ia menuturkan bahwa porsi makan dipengaruhi juga oleh partner makan. Seseorang cenderung akan mengambil porsi makan yang lebih besar saat sedang makan dengan partner yang tubuhnya besar alias gemuk.

Baca juga: Agar Tetap Sehat dan Langsing, Hindari 5 Menu Ini Saat Makan Siang

(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit