detikhealth

Ini Alasannya Kamu Perlu Sarapan Dulu Sebelum Nyoblos di Pilkada DKI

Nurvita Indarini - detikHealth
Rabu, 19/04/2017 09:03 WIB
Ini Alasannya Kamu Perlu Sarapan Dulu Sebelum Nyoblos di Pilkada DKI Foto: Ilustrasi sarapan/thinkstock
Jakarta, Bagi kamu yang sedang bersiap pergi ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan hak suara dalam pilkada DKI, jangan lupa sarapan ya. Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan sarapan dulu sebelum nyoblos.

Berikut ini beberapa manfaat sarapan yang bisa kamu peroleh, dikutip detikHealth dari berbagai sumber:

Baca juga: Tak Fokus, Makan Siang Sambil Nonton YouTube Bisa Bikin Gemuk

1. Bisa Mengerem Nafsu Jajan

Ilustrasi sarapanIlustrasi sarapan Foto: thinkstock

Biasanya di sekitar TPS ada beberapa penjual makanan yang turut menjual makanan seperti siomay, bakso, cilok dan lain-lain. Makanan-makanan itu bisa bikin lapar mata dan perut keroncongan jika Kamu tidak sarapan terlebih dahulu.

Kamu bisa pilih menu tinggi protein untuk sarapan agar bisa kenyang lebih lama. Misalnya saja dengan sarapan telur, Kamu akan tetap berenergi sampai waktu makan siang. Tapi jangan lupa untuk melengkapi dengan serat dan nutrisi lain yang dibutuhkan.

2. Agar Kamu Fokus Saat Mencoblos

Ilustrasi sarapanIlustrasi sarapan Foto: thinkstock


Jangan remehkan sarapan. Karena tanpa sarapan Kamu bisa lapar saat menunggu giliran mencoblos di TPS, alhasil bisa jadi kurang fokus saat mencoblos. Jadi jangan sampai salah coblos pasangan calon gubernur DKI Jakarta yang memang sudah diyakini.

Ketua Umum Pergizi Pangan, Profesor Dr Hardinsyah, MS beberapa waktu lalu mengamini tidak sarapan bisa mengakibatkan kurang fokus. Menurutnya, sarapan adalah bagian penting sebelum menjalani aktivitas sehari-hari dan seharusnya bisa memenuhi sekitar seperempat kebutuhan gizi harian.

Prof Hardin menambahkan sarapan yang sehat seharusnya mengandung komposisi karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral.

3. Agar Kamu Tidak Lemah dan Lemas di TPS

Ilustrasi sarapanIlustrasi sarapan Foto: thinkstock
Lemah dan lemas saat menunggu giliran mencoblos di TPS bisa saja Kamu rasakan jika melewatkan waktu sarapan. Pakar gizi Karishma Chawla menuturkan ada studi yang menjelaskan bahwa apa yang dikonsumsi saat pagi hari sangat memengaruhi metabolisme serta nafsu makan di siang hari.

Terlalu sering mengosongkan perut di pagi hari sampai waktunya makan siang berakibat metabolisme tubuh akan drop dan bisa dipastikan Kamu menjadi sulit konsentrasi dan tubuh terasa lemah.

Baca juga: Ingin Cepat Langsing, Sebaiknya Sarapan Oatmeal atau Buah-buahan?

(vit/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit