detikhealth

Lelah dan Stres Bisa Sebabkan Keputihan

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kamis, 20/04/2017 17:31 WIB
Lelah dan Stres Bisa Sebabkan KeputihanFoto: Thinkstock
Jakarta, Tekanan pekerjaan secara terus menerus kerap kali membuat seseorang menjadi lelah dan stres. Ya, kondisi ini adalah normal. Namun bagi wanita, ternyata faktor ini bisa menyebabkan wanita mengalami masalah keputihan.

Bagaimana stres menyebabkan keputihan? Dikatakan dr Noviyanti, SpOG ketika stres tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol. Nah hal tersebut berpotensi menyebabkan gangguan hormonal.

"Gangguan hormonal tersebut akan menyebabkan gangguan keseimbangan pH vagina sehingga memicu keputihan berlebih," ucap dr Novi, panggilan akrabnya dari Mayapada Hospital Tangerang dalam live chat 'Keputihan dan Masalah Kewanitaan' yang digelar oleh detikHealth dan detikForum di detikcom, Jalan Warung Jati Barat, Jakarta Selatan, Kamis (20/4/2017).

Baca juga: Hati-hati, Keputihan Tak Normal Bisa Bikin Saluran Indung Telur Tersumbat

Tak sedikit wanita yang menganggap enteng persoalan ini. Akan tetapi apabila dibiarkan, lama-kelamaan keputihan akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Maka itu, imbuh dr Novi, harus menjaga gaya hidup dengan mengurangi stres dan makan makanan yang bergizi.

"Hindari junk food dan makanan yang mengandung pengawet. Serta mengonsumsi vitamin anti-oksidan," jelasnyanya.

Keputihan sendiri dibedakan menjadi normal dan tidak normal. Keputihan yang normal pada umumnya menghasilakn cairan bening atau putih, tidak gatal dan panas, juga tidak berbau dan tidak banyak. Sementara, keputihan yang tidak normal biasanya disebabkan oleh jamur, kuman dan parasit.

Baca juga: Jika Begini Kondisinya, Keputihan Masih Tergolong Normal Kok

(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit